News  

Inspektorat Selidiki Kades Binangun

Warga Desa Binangun tuntut kades dicopot. Proses pencopotan kades harus melalui tahap pemeriksaan oleh Inspektorat jika ada dugaan pelanggaran. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Bupati Cilacap akan segera tugaskan Inspektorat untuk selidiki Kades Binangun Kecamatan Binangun. Langkah ini untuk memastikan kebenaran usai warga Desa Binangun menggelar aksi di halaman Kantor Bupati, Rabu (22/6/2022).

Warga yang tergabung dalam Forum Komunikasi Peduli Desa Binangun datang ke halaman kantor Bupati. Mereka membawa spanduk dan melakukan orasi secara bergantian. Warga ini menyampaikan orasi dan tuntut agar Kades Binangun dicopot dari jabatannya.

Asisten Sekda Cilacap, Dian Setiabudi mengatakan, Bupati sudah menerima laporan tentang tuntutan warga Desa Binangun itu.

“Dari 3 laporan ini sudah kita terima. Pak Bupati nanti akan tugaskan inspektorat untuk adakan pemeriksaan dan selidiki Kades Binangun,” kata Dian.

Dia mengatakan, langkah ini sesuai dengan Perda nomor 5 tahun 2015 yang kemudian mengalami perubahan dan menjadi Perda nomor 9 tahun 2019. Perda ini mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian kades.

Dalam aturan ini, jika ada dugaan terhadap larangan oleh kades, maka bupati akan menugaskan Inspektorat untuk lakukan pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan ini akan menjadi dasar bupati untuk meneruksan langkah lebih lanjut.

“Langkah lebih lanjut ini bisa berupa teguran, pemberhentian sementara atau pemberhentian,” katanya.

Dia menjelaskan, larangan kades bisa beragam. Seperti melakukan tindakan kriminal, korupsi, diskriminasi terhadap kelompok warga atau masuk dalam struktural partai politik.

“Larangan ini ada di pasal 73. Termasuk melakukan tindakan korupsi,” tegasnya. (*)