Jangan Main-main dengan Persyaratan CPNS. Dijamin Gugur

  • Bagikan
Sebanyak 12660 pelamar berebut untuk jadi PNS Cilacap. (doc)

CILACAP – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap memastikan tidak akan meloloskan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bermain-main dengan persyaratan. Apalagi jika persyaratan tersebut sangat penting dan masuk kategori vital.

Sebut saja persyaratan surat keterangan masa kerja dari tenaga honorer. Surat ini harus ditanda tangani oleh pejabat berstatus eselon II. Tanpa ini, jangan harap bisa lolos seleksi administrasi.

Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap, Warsono memastikan persyaratan ini sangat penting. Jika ditemukan surat keterangan masa kerja hanya ditandatangani oleh pejabat setingkat kepala sekolah, kepala puskesmas atau koordinator wilayah, pelamar dipastikan gugur.

“Misal ada honorer itu pengalaman minimal 3 tahun. Tiga tahun itu harus dikeluarkan surat keterangan dari level eselon II. Itu ketentuan dari Kemenpan, bukan dari pak bupati,” kata Warsono.

Menurutnya, ada kekhawatiran terjadi manipulasi data jika surat lamaran dari honorer ini tidak ditanda tangani oleh pejabat eselonII. Jika ini terjadi, maka pejabat eselonII bisa saja cuci tangan karena tidak pernah menandatangani surat keterangan.

“Bisa saja pejabat eselonII cuci tangan,” katanya.

Dia merinci, ada kita ada 12660 untuk pelamar untuk berbagai formasi. Para pelamar mencoba keberuntungan untuk bisa masuk dan lolos seleksi di tiap formasi. Dari seluruh pelamar itu, untuk formasi CPNS ada 6600 lebih. Sementara pelamar untuk Pegawa Pemerintah denga Perjanjian Kontrak (P3K) non guru ada 800 orang. Untuk P3K formasi guru, ada 5300 lebih pelamar. (*)

  • Bagikan