Kongslet, Rumah Ludes Terbakar

  • Bagikan
Kongslet menyebabkan rumah warga di Kecamatan Sidareja, Cilacap, ludes terbakar, Minggu (2/5/2021) dini hari.

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Sukur Sumartno (55), warga Dusun Jenggalan RT 004 RW 002 Desa Sidamulya Kecamatan Sidareja, Cilacap tengah dirundung duka. Rumah miliknya ludes tak tersisa akibat dilalap si jago merah pada Minggu (2/5/2021) dini hari. Selain rumah, dia juga kehilangan sejumlah barang berharga.

Informasi yang berhasil diterima bercahayanews.com menyebutkan, api pertama kali diketahui oleh Septi Kurniati (30) yang tidak lain adalah anak korban. Dia mengetahui api sudah membesar, saat hendak ke kamar mandi di belakang rumah, sekitar pukul 01.15.

Saksi kemudian meminta berteriak histeris dan meminta tolong. Teriakan ini kemudian didengar sejumlah tetangga yang langsung memberikan bantuan untuk memadamkan api. Saksi dibantu warga menyelamatkan anggota keluarga yang masih tertahan di dalam rumah.

Salah satu warga kemudian menghubungi petugas Pos Pemadam Kebakaran terdekat dan langsung di respon. Petugas menghabiskan 8 liter air sebelum akhirnya bisa menguasai keadaan dengan dibantu warga serta aparat terakit lainnya.

“Api bisa dipadamkan pukul tiga pagi,” ujar Camat Sidareja, Martono.

Dia mengatakan, akibat kejadian ini korban mengalami kerugian senilai Rp 100 juta lebih. Ini dengan perhitungan kerusakan struktur bangunan serta lenyapnya sejumlah barang berharga milik korban. Seperti 1 unit sepeda motor, perabot rumah tangga, telepon genggam dan peralatan elektronik lainnya.

Hasil penyelidikan petugas menyebutkan, api diperkirakan berasal dari arus pendek yang muncul. Percikan api ini dengan mudah menyambar karena disekitarnya ada tumpukan barang bekas. Korban sendiri merupakan pengumpul barang bekas.

“Perkiraan karena arus pendek,” kata dia.

Dia memastikan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. (*)

  • Bagikan