News  

Konser Musik Mulai Bergulir Pasca Pandemi

Kolaborasi musisi dan seniman Cilacap saat ajang Silaturahmi Musisi Cilacap di Vila Golewang, Sabtu (25/6/2022). Ajang ini menjadi yang pertama pasca pandemi Covid19. (doc)

CILACAP – Even dan konser musik dengan berbagai skala, mulai bergulir kembali di Cilacap pasca pandemi Covid19. Agenda ini mengusung tema Silaturahmi Musisi Cilacap, di Villa Golewang, Sabtu (25/6/2022).

Konser musik ini menjadi ajang ke 4, hasil gagasan Komunitas Sangkanparan, Cilacap yang mulai bergulir kembali tahun ini. Sebelumnya, Silaturahmi Musisi Cilacap sudah berjalan 3 kali sampai 2019. Dan sejak 2020, even musik ini terhenti karena pandemi.

Inisiator Program, Taufik mengatakan, tahun ini membawa gairah para musisi karena even musik mulai bergulir kembali.

“Ini mendorong kami mengadakan kembali setelah 2 tahun terhenti,” kata dia.

Dia mengatakan, acara ini bukan semata konser musik yang mulai bergulir kembali pasca pandemi dan melibatkan banyak musisi. Namun menggabungkan konser musik dan silaturahmi antar musisi di Kabupaten Cilacap. Sekaligus sebagai ajang untuk bertukar fikiran antara sesama musisi.

“Mereka boleh manggung atau sekedar diskusi dan silaturahmi dengan sesama musisi,” kata dia.

Dari diskusi atau silaturahmi ini, akan membuka sebuah komunitas baru di antara para musisi. Hingga kemudian muncul simpul-simpul musisi di berbagai lokasi di Kabupaten Cilacap. Jejaring komunitas inilah yang menjadi salah satu tujuan akhir dari even musik tersebut.

“Jadi musisi ke sini tidak hanya manggung lalu pulang. Tapi setelah ini ada follow up,” kata dia.

Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Paiman mengatakan, musik dan musisi memberikan dampak positif terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Ini multy efek. Dengan mereka menggelar konser, ada pedagang kecil yang bisa jualan atau pelaku ekonomi lainnya bisa merasakan manfaat,” kata dia.

Menurutnya, musisi dan musik bagian dari kegiatan ekonomi kreatif yang bisa membawa banyak pengaruh.

Acara yang digelar sepanjang Sabtu pagi hingga malam ini, juga menampilkan tari sufi, kesenian tradisional dan pameran arsip kuno dari komunitas Cilacap History. (*)