Lelang Terbuka Libatkan Perguruan Tinggi

  • Bagikan
Kepala BKPPD Cilacap, Warsono (kiri) memastikan panitia lelang jabatan libatkan perguruan tinggi. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Pengisian 2 posisi jabatan kepala dinas di Kabupaten Cilacap, sudah dipastikan akan melalui lelang terbuka atau bidding. Nanti Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap akan membentuk panitia seleksi yang diketuai langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda).

Sekda Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan, saat ini masih tersisa 2 jabatan kosong. Masing-masing adalah Kepala Dinas Sosial dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pengisian kekosongan ini nantinya akan dilakukan dengan sistim lelang terbuka atau bidding. Sejumlah pejabat yang berminat harus mengikuti tahapan seleksi.

“Nanti kita koordinasi dengan pemerintah pusat. Syaratnya apa saja nanti kita ikuti, normatif saja,” kata Sekda, Senin (2/8/2021).

Mayoritas anggota panitia berasal dari luar unsur Pemerintah Kabupaten Cilacap. Mulai dari akademisi dan tenaga profesional lainnya. Sementara dari dalam hanya diwakili oleh Sekda Cilacap yang sekaligus sebagai ketua panitia seleksi.

Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap, Warsono mengatakan, pelibatan perguruan tinggi dan tenaga profesional untuk memastikan agar panitia bisa mendapatkan pejabat terbaik untuk mengisi kekosongan.

“Sistimnya pure, murni (dan) akan terlihat hasilnya. Semuanya dari luar seperti perguruan tinggi dan dari profesional. Dari dalam hanya Pak Sekda,” kata Warsono.

Dia mengatakan, ada 6 proses tahapan lelang jabatan tersebut. Namun dia tidak merinci apa saja tahapan dimaksud.

Warsono hanya mengatakan, BKPPPD hanya mengurusi masalah administrasi. Seperti memastikan semua pejabat peserta lelang terbuka sudah melengkapi berkas persyaratan. Sementara tekhnis seleksi ada di tangan panitia lelang terbuka.

“Kita hanya administratur saja,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 pejabat sekelas Kepala Dinas dengan pangkat IIb di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, harus berpindah posisi. Mereka dilantik pada Senin (2/8/2021) oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji. (*)

  • Bagikan