News  

Nelayan Dapat Asuransi

ilustrasi

CILACAP – Sebanyak 10 ribu nelayan di Jawa Tengah dapat asuransi dari pemerintah provinsi. Asuransi ini meng-cover kecelakaan para nelayan saat bekerja mencari ikan di tengah laut. Demikian juga jika mereka mengalami kecelakaan di daratan.

Asuransi ini berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya agar para nelayan tersebut bisa tenang saat mencari ikan di tengah laut lepas.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan tahun ini ada 10 ribu nelayan yang tercover program tersebut. Dinas juga sudah mempersiapkan anggaran serupa di 2023 dengan jumlah nelayan yang sama.

“Terima kasih kepada teman-teman di Dinas Kelautan Perikanan Provinsi. Umpama mem-backup asuransi nelayan,” kata Ganja.

Dia mengatakan, pemerintah provinsi yang membayar premi asuransi tersebut. Hingga para nelayan bisa mendapatkan jaminan jika terjadi kecelakaan di laut.

“Jadi asuransi itu, jika ada kecelakaan di laut ataupun di darat dengan besaran-besaran yang ada. Dan kita yang bayar preminya. Ini memberikan jaminan bagi mereka,” kata Ganjar.

Dia mengatakan, jaminan asuransi ini mampu membantu nelayan di Jawa Tengah yang tiap hari harus bekerja di laut. Mereka juga harus berhadapan dengan ganasnya ombak dan sering terjadi kecelakaan.

“Mudah-mudahan bisa membantu, membuat nelayan lebih tenang karena tiap hari menantang maut,” tegasnya. (*)