News  

Pemancing Tenggelam di Sungai Saat Selamatkan Bebek

Petugas Basarnas Cilacap bersiap menyelam saat pencarian atas korban tenggelam di Sungai Citanduy, Jumat (15/3/2024). Korban adalah pemancing yang tenggelam di sungai saat berusaha selamatkan bebek. (doc)

CILACAP – Seorang pemancing bernama Kuswanto (40), tenggelam di Sungai Citanduy. Dia ditemukan sudah meninggal dunia dan berada di dasar sungai oleh Tim Basarnas Cilacap, Jumat (15/3/2024) sekitar pukul 10.30. Korban tercatat sebagai warga asal Desa Rawaapu Kecamatan Patimuan, Cilacap.

Kejadian ini bermula saat Kuswanto bersama temannya tengah memancing di Sungai Citanduy di Kecamatan Patimuan, Cilacap, Kamis (14/3/2024). Saat tengah asyik memancing ini, tiba-tiba ada orang yang membuang bebek ke sungai yang menjadi pembatas Jawa Tengah dan Jawa Barat tersebut.

Sesegera mungkin korban menceburkan diri untuk mengejar bebek tersebut dan berhasil menangkap 2 ekor. Korban lalu membawanya ke tepi sungai dan kembali berenang untuk mengambil bebek lainnnya. Dia berhasil menangkap beberapa ekor dan berenang ke tepian.

Namun perjalanannya ke tepi tidak pernah sampai. Saksi melihat korban tenggelam ke dalam Sungai Citanduy. Kuat dugaan korban kehabisan tenaga karena harus berenang di tengah Sungai Citanduy yang besar.

Mendapati ini, 2 orang teman korban langsung meminta bantuan warga setempat. Mereka berusaha mencari korban di lokasi tenggelam meski tidak menggunakan peralatan pendukung. Upaya ini tidak membuahkan hasil. Hingga aparat terkait melaporkan ada pemancing tenggelam di sungia ke Basarnas Cilacap.

Petugas Basarnas Cilacap langsung merespon dengan memberangkatkan tim SAR.Tujuan utama sangat jelas, yakni menyelamatkan pemancing yang tenggelam di Sungai Citanduy.

Tiba di lokasi, Basarnas lalu membagi 2 tim bersama aparat, relawan dan warga setempat. Pencarian hari pertama gagal dan dilanjutkan pada hari ke dua.

Pencarian di hari kedua ternyata membuahkan hasil, tepatnya menjelang tengah hari. Penyelam Basarnas berhasil menemukan korban dan berada 50 meter ke arah hilir dari lokasi kejadian. Tubuh pemancing yang tenggelam itu berada di dasar sungai.

Komandan tim SAR gabungan, Amin Riyanto memastikan jenasah sudah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan.

“Jenasah langsung kita bawa ke rumah duka untuk pemulasaran,” kata Amin. (*)

Penulis: narisaktiEditor: haryadi nuryadin