Pemkab Serius Gali Potensi Wisata

  • Bagikan
Pemkab Cilacap terus mendorong tumbuhnya industri wisata

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap kini tengah serius untuk menggali berbagai potensi dan lokasi untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Hal ini dilakukan untuk menunjang perkembangan daerah tersebut dan membawa manfaat bagi masyarakat di sekikarnya.

“Saya sudah lihat Curug Manik. Potensinya sangat bagus. Juga (tubing) Cijalu. Ternyata sangat mengasyikan bermain dengan ban,” ujar Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Menurutnya, bagian barat Kabupaten Cilacap ini butuh dorongan untuk bisa lebih berkembang. Termasuk dalam hal pengembangan wisata. Dia melihat berbagia lokasi yang ada berpotensi besar untuk dibangun dan dijadikan obyek wisata andalan.

Termasuk tubing yang dia apresiasi karena muncul atas inisiatif warga terutama anak muda Desa Jenang Kecamatan Majenang.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif seperti ini. Ayo lah kita bangun Majenang, kita bangun Cilacap agar lebih maju,” kata dia.

Menurutnya, pengembangan tubing di sungai Cijlau masih butuh sentuhan lebih banyak. Seperti penataan akses masuk, lokasi parkir dan areal pedagang. Dia melihat penataan seperti ini akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Selain itu, keindahan sungai akan lebih terjaga.

“Ada areal khusus pedagang. Jangan sampai ada yang jualan di tepi sungai. Ini mengganggu keindahan,” kata dia.

Pengembangan kedua komplek ini, lanjutnya bisa dijadikan satu paket. Apalagi jika kolam renang yang ada di Dusun Margasari Desa Jenang sudah terwujud. Maka pengunjung dipastikan akan memiliki banyak pilihan.

“Bisa satu paket. Nanti kolam renang kita bangun di lahan pemkab (pemerintah kabupaten). Trus naik ke Curug dengan motor khusus atau kuda sekalian. Kan asyik,” kata dia.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto menambahkan, potensi wisata yang ada di pesisir barat Cilacap bisa digarap serius. Bahkan sangat mungkin menjadi wisata alternatif diluar yang sudah ada saat ini. Seperti wisata pantai yang berpusat di wilayah kota dan timur. Demikian juga dengan Banyu Panas di Desa Cipari Kecamatan Cipari.

“Ini bisa jadi alternatif hingga layak dikunjungi dan tidak membosankan,” kata dia.

Dinas juga akan turun untuk mendukung pengembangan wisata yang dirintis warga ataupun anak muda di Kabupaten Cilacap. Dia mewanti, seluruh wisata ini harus mampu membawa keceriaan dan rasa senang. Ini sesuai dengan prinsip dasar wisata yang memberikan rasa senang bagi bagi pengunjung.

“Kalau tidak senang tentu bukan wisata,” tandasnya.(*)

  • Bagikan