News  

Penambang Pasir Tenggelam di Serayu

Petugas Polres Cilacap bersama warga memantau lokasi penambang pasir yang tenggelam di Sungai Serayu, Rabu (18/5/2022). (doc)

CILACAP – Warsoyo, seorang penambang pasir tenggelam ketika tengah melakukan aktifitas di Sungai Serayu, Rabu (18/5/2022). Korban tak mampu menyelamatkan diri karena perahu untuk memuat pasir terbalik akibat derasnya arus sungai itu.

Aktifitas penambangan pasir tersebar di sejumlah lokasi di sepanjang aliran Sungai Serayu. Sungai yang mengalir di 5 kabupaten di Jawa Tengah tersebut, menghasilkan pasir sepanjang tahun.

Termasuk penambangan pasir di wilayah Kecamatan Adipala, Cilacap. Di sana banyak sekali lokasi penambangan pasir dan juga depo atau tempat menumpuk pasir. Dan di lokasi inilah, seperti biasanya Warsoyo menambang pasir dengan menggunakan perahu.

Menurut Suyitno, salah satu saksi mata menjelaskan, korban semula menuju arah muara Sungai Serayu untuk menambang pasir. Selang satu jam kemudian, perahu sudah penuh dengan pasir dan korban beranjak untuk kembali menuju depo atau tempat bongkar pasir.

Naas, saat tengah membawa pasir inilah perahu korban tiba-tiba terkena ombak dari arah belakang. Alhasil perahu itu terbalik dan korban tenggelam.

Mendapati hal ini, sejumlah petugas gabungan langsung bergegas menuju lokasi untuk melakukan pencarian. Namun sampai Rabu sore, tubuh korban belum berhasil ditemukan.

Kepala Seksi Humas Polres Cilacap, Iptu Gatot Tri Hartanto, petugas melakukan pencarian tubuh korban penambang pasir yang tenggelam di Sungai Serayu.

“Korban bersama perahunya belum ditemukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Basarnas Cilacap menerjunkan 1 tim untuk melakukan pencarian. Mereka bersama petugas dari instansi terkait, warga dan sejumlah relawan terus melakukan pencarian.

“Tim dari Basarnas bersama instansi terkait masih terus melakukan pencarian,” tegasnya. (*)