Penerbangan ke Cilacap Kembali Dibuka

  • Bagikan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat baru mendarat di Bandara Tunggul Wulung. Kementerian Perhubungan memberikan ijin penerbangan komersil Jakarta Cilacap dan Semarang Cilacap. (doc)

CILACAP – Penerbangan ke Cilacap melalui Bandara Tunggul Wulung, akan kembali berjalan. Ini setelah ada kepastian dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Cilacap, Kamis (25/11/2021).

Budi saat memberikan keterangan pers mengatakan, penerbangan dari dan menuju Cilacap akan menggunakan pesawat bermesin baling-baling. Pesawat jenis ini akan melayani kota tipe ke dua, termasuk Cilacap.

Nantinya akan ada rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Cilacap atau Semarang-Cilacap.

“Kami sepakat, nanti Pak Bupati dan forkompinda untuk bekerja sama dengan penerbangan. Jadi insya alloh dalam beberapa ada konektivitas langsung dari Jakarta, dari Semarang,” ujar Budi.

Dia menjelaskan, waktu tempuh Cilacap-Jakarta melalui rute darat bisa mencapai 8 jam. Jika sudah ada rute pesawat komersial, maka waktu tempuh terpangkas dan hanya 1 jam penerbangan.

“Tadi kata Pak Kapolres, butuh 8 jam. Nanti tinggal 1 jam saja,” kata dia.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengaku sangat bersyukur atas keluarnya ijin rute penerbangan langsung ke Cilacap.

Selama ini, katanya warga Cilacap selalu mengalami kesulitan untuk bepergian dengan cepat. Hal ini menjadi kendala dan menghambat perkembangan wilayah tersebut.

“Cilacap itu di tengah-tengah pulau Jawa. Tapi kemana-mana sulit,” ujarnya.

Karena itu sejak beberapa waktu terakhir, Pemerintah Kabupaten Cilacap mengajukan permohonan agar ada rute Jakarta Cilacap atau Semarang Cilacap. Permohonan ini dalam bentuk surat resmi. Selain itu juga ada diskusi dan tatap muka langsung langsung Menteri Perhubungan terkait permohonan tersebut.

“Saya sudah sering sowan ke Pa Mentri agar ada koneksi udara. Dan dengan Surat Bupati memohon agar ada penerbangan, hari ini sudah dikabulkan menteri,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perhubungan juga meninjau Pelabuhan Cilacap, Terminal Bangga Mbangun Desa serta Bandara Tunggul Wulung. (*)

  • Bagikan