Bisnis  

Penyebab Harga Beras Mahal Ternyata Karena El Nino

Pejabat di pusat dan daerah sebut penyebab harga beras mahal karena El Nino. Fenomena cuaca ini membuat musim tanam mundur hingga pasokan beras menurun drastis. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Penyebab harga beras mahal ternyata gegara fenomena cuaca bernama El Nino. Karena El Nino ini, petani mengalami gangguan dan tidak bisa tanam tepat waktu. Hingga otomatis musim panen menjadi mundur dan stok beras berkurang tajam.

Sejumlah pejabat terkait di pusat dan daerah sama-sama mengkambinghitamkan El Nino karena menjadi penyebab harga beras mahal. El Nino membuat kemarau panjang pada 2023 lalu. Karena fenomena ini, masa tanam para petani mundur dan membuat musim panen juga berubah. Ini terjadi karena selama fase El Nino, pasokan air sangat minim.

Pj Sekda Cilacap, Sujito mengatakan penyebab harga beras mahal karena fenoma El Nino sepanjang 2023 lalu. Hingga harga beras sudah menyentuh Rp 20 ribu per kilo. Tentu harga ini sangat mahal dan memberatkan mayoritas warga Cilacap.

“Ini yang jelas karena El Nino hingga terjadi kemarau panjang dan menyebabkan panen terlambat,” kata dia.

Selama kemarau panjang, lanjutnya produksi padi dan beras jauh berkurang. Hal ini kemudian berujung pada minimnya pasokan beras ke pasaran.

“Hingga otomatis harga beras melonjak,” katanya.

Mengatasi hal ini, pihaknya sudah meminta Dinas Pertanian untuk memaksimalkan produksi padi sepanjang 2024. Caranya dengan mendorong petani bisa segera memuali musim tanam (MT) 3. Terutama di areal persawahan yang ada irigasi tekhnis.

“Dengan oncoran (suplay) air yang maksimal bisa kita laksanakan MT 3. Stok pangan meningkat dan harga terkendali. Juga inflasi bisa terkendali,” terangnya.

Dia juga meminta warga untuk tidak melakukan aksi borong atau panic buying. Karena hal ini justru akan membuat kelangkaan beras dan bahan pangan lainnya. Tentu saja akan membuat harga beras tetap mahal.

“Kita jamin stok pangan tetap aman,” tegasnya. (*)

Penulis: narisaktiEditor: haryadi nuryadin