Peran Guru PAUD Tidak Bisa Diremehkan

  • Bagikan
Anggota DPRD Kabupaten Cilacap, Imam Fauzi saat melakukan reses bersama IGABA Cilacap, Kamis (25/11/2021). Imam menilai peran guru PAUD tidak bisa diremehkan. (doc)

CILACAP – Peran guru PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini tidak bisa diremehkan begitu saja. Mereka justru menjadi pengantar anak kecil untuk bisa memiliki karakter, pondasi mental sekaligus akhlak mulai.

Peran ini ada karena komunikasi antara guru dan siswa terjalin intens tiap hari. Guru lebih banyak memberikan materi tentang pembentukan karakter bagi anak.

Anggota DPRD Kabupaten Cilacap, Imam Fauzi mengatakan, peran penting ini menjadi nilai lebih bagi para guru PAUD.

“Pondasi mental anak terbentuk sejak masih kecil hingga peran guru PAUD ini sangat penting,” ujar dia saat reses bersama Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Atfal (IGABA) Kabupaten Cilacap, Kamis (25/11/2021).

Dia menambahkan, mental anak yang sudah terbentuk baik akan membawa pengaruh besar bagi mereka. Karena akan terbawa sampai dewasa dan menjadi pondasi dalam pembentukan sikap dan perilaku.

Dia mengingatkan, anak ada masa emas pertumbuhan sampai dengan 10 tahun. Dalam masa inilah, pembentukan karakter anak menjadi sangat penting.

“Ada masa emas dalam pertumbuhan anak dan ini menjadi perhatian utama guru PAUD,” kata dia.

Menurutnya, reses tersebut tergolong istimewa karena bertepatan dengan Hari Guru. Karena itu dia berharap agar diskusi untuk pengembangan pendidikan, terutama anak usia dini bisa terus digarap bersama. Melalui diskusi dan pertemuan antar guru ini akan membawa perubahan dan perkembangan yang lebih baik bagi dunia pendidikan. Terutama pendidikan anak usia dini.

“Agar pendidikan kita bisa lebih maju dan lebih baik lagi,” tegasnya. (*)

  • Bagikan