News  

Pertamina Kirim Logistik ke Daerah Banjir

Pertamina Cilacap kirim logistik permanan ke daerah banjir. Bantuan ini untuk mendukung dapur umum di 2 desa terdampak banjir di Kecamatan Nusawungu, Cilacap. (doc)

CILACAP – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap kirim bantuan berupa logistik permananan ke daerah banjir di Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Jumat (18/3/2022). Bantuan ini untuk mendukung keberadaan dapur umum Desa Banjareja dan Karang Sembung.

Banjir di Kabupaten Cilacap melanda 11 desa di 3 kecamatan yakni Kroya, Nusawungu dan Sampang. Banjir ini berawal dari hujan deras sejak Senin (14/3/2022) malam sampai menjelang Selasa (15/3/2022) dini hari.

Kepala Dusun Banjaran Desa Banjareja, Sugito mengatakan, banjir di Kecamatan Nusawungu karena tingginya curah hujan.

“Tanggul di Sumpiuh (Banyumas) jebol. Sungai Ijo membuat luapan air semakin tak terbendung,” jelas Sugito.

Sugito menambahkan, ada 4 dusun terdampak di Desa Banjareja. Sementara rumah terdampak mencapai 255. Termasuk 2 rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Ada 2 rumah rusak dan 140 hektar sawah siap panen tergenang,” kata dia.

Kepala Desa Karang Sembung, Tarman mengatakan, dapur umum di sana sudah makan siang sejumlah 1.680 paket untuk warga terdampak.

“Ada 980 kepala keluarga terdampak. Sebenarnya pada Rabu (16/3/2022) air mulai surut, namun hujan deras yang kembali terjadi Kamis malam (17/3/2022) membuat debit air naik lagi,” jelasnya.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna menyatakan, Pertamina kirim logistik ini sebagai wujud kepedulian perusahaan plat merat tersebut. Selain itu juga sebagai respon cepat perusahaan atas musibah yang menimpa masyarakat.

“Sebagai bagian dari masyarakat Cilacap, kami memiliki tanggung jawab sosial termasuk ikut membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir,” tegasnya. (*)