Rusak Parah, Pedagang Tuntut Jalan Pasar Dicor Beton

  • Bagikan
Kondisi jalan di Pasar Majenang yang rusak dan dikeluhkan pedagang. Mereka menuntut agar jalan dicor beton agar tidak gampang rusak. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Majenang (P3M) menuntut agar pemerintah segera melakukan perbaikan sarana jalan utama yang rusak parah. Mereka mengaku sudah terlalu lama menunggu perbaikan jalan yang membatasi los lahan timur dengan kios barat. Terakhir kali ada perbaikan berupa pengaspalan, dilakukan pada 2015 lalu.

Kerusakan pada jalan tersebut, kian terlihat setelah turun hujan mulai mengguyur Kabupaten Cilacap. Jalan menjadi sangat becek dan muncul genangan di sejumlah tempat hingga menyulitkan pembeli dan pedagang pasar tersebut.

Ketua P3M, Tatang Samsudin Koyon mengatakan, perbaikan jalan ini sangat penting dan mendesak dilakukan. Mereka menuntut agar jalan ini diperbaiki dengan menggunakan metode cor beton atau rigid.

“Kami minta di rigid atau dicor. Biar kuat,” kata Tatang, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, jalan ini sangat vital karena menjadi pintu masuk bagi pedagang. Terutama pedagang sayur di los lahan timur. Jalan ini juga dipakai kendaraan pengangkut berbagai barang dagangan menuju area bongkar muat. Akibatnya, jalan menjadi sangat padat dan dipastikan dilalui kendaraan bermuatan berat.

“Ini jalan masuk utama pasar,” katanya.

Tatang mengaku, selama ini pedagang sudah sering mengajukan perbaikan jalan dan juga infrastruktur pasar lainnya. Terutama jalan di depan los lahan timur tersebut. Pedagang mengeluh karena kesulitan saat membawa barang karena jalan rusak.

“Saat musim penghujan jalan otomatis jadi becek. Orang malas ke pasar. Pasar jadi sepi, pedagang mau aktifitas juga susah,” kata dia.

Dia menambahkan, upaya pedagang kemudian membuahkan hasil setelah Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji melakukan kunjungan kerja di sana pada 27 Agustus 2021. Dihadapan orang nomor satu di Kabupaten Cilacap itu, para pedagang menyampaikan kondisi Pasar Majenang. Bupati saat itu langsung memerintahkan perbaikan infrastruktur pasar.

“Dan Senin (6/9/2021) kemarin sudah ada pengukuran dari dinas terkait. Kami sangat berterima kasih kepada bupati dan dinas karena sudah mengabulkan permohonan para pedagang,” tegasnya.

Seperti diketahui, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyentil kondisi jalan rusak saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Majenang. Tatto langsung menunjuk sejumlah kios yang kondisinya nampak memprihatinkan. Seperti atap dan penataan kios terkesan kusam karena sudah tua. Dan dihadapan wartawan Tatto kembali membeberkan kerusakan tersebut. Dengan jelas menyampaikan kalau kerusakan ini harus segera dibenahi.

“Saya pesan pasar, ini harus dibangun lagi. Jalan sudah mulai rusak,” ujarnya.

Dia juga meminta agar dinas dan Kepala Pasar Majenang untuk segera melayangkan pengajuan perbaikan tersebut. Usulan ini nantinya akan menjadi dasar Pemerintah Kabupaten Cilacap menyiapkan anggaran dan masuk dalam APBD.

“Silahkan ajukan,” katanya. (*)

  • Bagikan