News  

Siap Kena Tilang Selama Operasi Patuh

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro saat memasang pita khusus saat Apel Pasukan Operasi Patuh Candi, Senin (13/6/2022). Petugas menerapkan tilang manual maupun elektronik selama Operasi Patuh Candi. (doc)

CILACAP – Selama petugas kepolisan menggelar Operasi Patuh, pengendara harus siap-siap kena tilang. Termasuk tilang elektronik karena tertangkap kamera cctv yang terpasang di 13 titik di Kabupaten Cilacap.

Operasi Patuh Candi, resmi dilakukan usai Apel Gelar Pasukan di Mapolres Cilacap, Senin (13/6/2022). Apel ini melibatkan personil dari Polres Cilacap, Dinas Perhubungan dan Kodim Cilacap.

Kapolres Cilacap Polda Jawa Tengah AKBP Eko Widiantoro mengatakan, Operasi Patuh Candi berlangsung selama 14 hari penuh, mulai 13 Juni hingga 26 Juni 2022.

“Sasaran utama dalam Operasi Patuh Candi 2022 ini yakni mengajak masyarakat untuk tertib dan disiplin berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan,” ucap Kapolres Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengimbau kepada masyarakat agar selalu taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Karena sekecil apapun pelanggaran akan menjadi awal dari terjadinya kecelakaan.

“Berhati hati dan tertib dalam berlalu lintas. Jaga keselamatan diri dan orang lain dengan tertib dan sopan di jalan,” imbau Kapolres Cilacap.

Kasat Lantas Polres Cilacap, AKP Ris Andrian Yudo Nugroho menambahkan, kegiatan Operasi Patuh Candi berupa pre emtif, preventif dan represif.

“Represif berupa tindakan hukum. Bagi pelanggar lalu lintas akan kena tilang,” katanya.

Petugas akan melakukan patroli untuk memastikan tidak ada pelanggaran lalu lintas. Namun jika ada pelanggaran, petugas akan melakukan penindakan tilang elektronik selama Operasi Patuh Candi.

“Petugas juga memonitor cctv yang terpasang di 13 titik,” kata dia.

Dia menjelaskan, langkah pre emtif akan berbentuk kegiatan sosialiasi berkendara dengan melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, Pramuka dan lainnya. Tujuannya untuk memberikan penyadaran akan pentingnya tertib lalu lintas dan berkendara dengan mengedepankan keselamatan.

“Kegiatan sosialisasi ini kita lakukan bersama petugas Dinas Perhubungan, Pramuka dan lainnya,” tegasnya. (*)