News  

Tempat Wisata Tetap Buka Selama Libur Nataru

Tempat wisata bisa tetap buka selama libur nataru dengan tetap menerapkan prokes. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Tempat wisata di Kabupaten Cilacap akan tetap buka selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Kebijakan ini menjadi ajang bagi pengelola, manajemen dan pemilik tempat wisata untuk bisaa mendapatkan keuntungan.

Sebelumnya, para pengelola tempat wisata di Kabupaten Cilacap sangat terpukul dengan munculnya kebijakan penerapan PPKM Level 3 selama libur Nataru. Aturan ini membuat mereka tidak bisa menggelar kegiatan atau even khusus pada libur panjang dan tahun baru.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menegaskan kalau tempat wisata boleh tetap buka selama libur Nataru. Dan tidak ada satupun perintah untuk menutup tempat wisata yang ada.

“Tempat wisata tetap buka. Tapi tetap dengan penerapan protokol Covid19,” ujar Bupati, Kamis (23/12/2021).

Menurutnya, penerapan protokol tersebut harus diberlakukan oleh pemilik dan ada pengawasan dari semua pihak. Seperti penerapan pembatasan jumlah pengunjung, pemeriksaan suhu tubuh, sampai dengan penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan ada sabun.

Dia mengatakan, kebjiakan tempat wisata tetap buka selama libur panjang Natal dan Tahun baru sudah sejalan dengan recovery ekonomi. Karena pada dasarnya, perlawanan terhadap pandemi Covid19 tujuan akhir adan membangkitkan kembali ekonomi masyarakat secara luas.

“Begini ceritanya. Jadi dengan kita berjuang melawan Covid19 untuk pemulihan ekonomi. Yang berhubungan dengan ekonomi harus kita dukung,” kata dia.

Dia kembali menegaaskan, kebijakan ini tidak lantas disalah artikan oleh masyarakat dengan melakukan euforia selama liburan. Termasuk melakukan kegiatan saat pergantian malam tahun baru yang justru mengundang keramaian dan berpotensi terjadi penyebaran Covid19.

“Tidak usah ada perayaan tahun baru dan euforia,” katanya.

Dia justru menghimbau agar warga menghindari tempat keramaian. Termasuk menghindari bepergian ke tempat wisata dan tetap berada di rumah masing-masing.

“Saya minta jadilah polisi bagi dirinya sendiri. Bagi keluarga sendiri dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” tegasnya. (*)