News  

Tim SAR Temukan Kakek Tua Tenggelam

Tim SAR gabungan berhasil temukan kakek tua yang tenggelam di Sungai Cikawung, Sabtu (23/4/2022). Basarnas memastikan korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. (doc)

CILACAP – Tim SAR gabungan berhasil temukan kakek tua yang sebelumnya tenggelam di Sungai Cikawung, Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Cilacap. Penemuan kakek tua ini berkat bantuan warga yang tengah menyisir tepi sungai tersebut.

Sanihar (73), kakek tua warga Dusun Nambo Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Cilacap dilaporkan tenggelam saat hendak seberangi Sungai Cikawung. Dia dalam perjalanan pulang ke rumahnya usai bekerja di Desa Kutasari Kecamatan Cipari, Cilacap pada Selasa (19/4/2022), sekitar pukul 17.40.

Kejadian ini bermula dari laporan salah satu teman korban kepada aparat setempat. Saksi menyebutkan kalau dia sempat mengajak kakek tua itu untuk tidak menyebarangi sungai namun melalui jembatan. Saksi sempat mencari teman lainnya untuk bersama-sama pulang ke Desa Bantarpanjang. Namun saat saksi kembali, korban sudah tidak ada di tempat semula.

Kepala Kantor Pencarain dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya posisi korban sejauh 4 KM ke arah hilir dari lokasi pertama kali dia terakhir kali terlihat saksi.

Dia memastikan, Tim SAR gabungan berhasil temukan kakek tua yang menjadi korban pada Sabtu (23/4/2022), sekitar pukul 15.50.

“Korban sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ujar I Nyoman Sidakarya.

Dia mengatakan, posisi korban terpendam pasir sungai akibat naiknya debit air saat kejadian tersebut. Petugas langsung mengevakuasi korban bersama warga dan tim gabungan. Tubuh korban lalu diserahkan kepada keluarga untuk kemudian dimakamkan.

“Dengan penemuan ini, operasi SAR kita tutup. Tepat di hari ke 4,” kata dia.

Dia menyebut, tim SAR gabungan teridir dari Basarna bersama Polsek dan Koramil Cimanggu. Selain itu juga ada unsur Satpol PP, perangkat desa, SAR Kokam, MDMC, Bagana, Tagana dan warga setempat. (*)