News  

10 Kota Dipersiapkan Menjadi Pendukung Superhub IKN

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sujatmiko saat berbicara di Cilacap, Jumat (12/1/2024). Menurutnya, ada 10 kota yang akan mendukung superhub IKN dan menjadi peluang besar bagi anak muda kreatif. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – 10 kota di tanah air, akan dipersiakan menjadi pendukung IKN yang menjadi sebuah superhub bagi perkembangan ekonomi. Seluruh kota ini juga akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi berbasis tekhnologi.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sujatmiko mengatakan, 10 kota ini tengah dipersiapkan dan tersebar di di Indonesia.

Menurut Budiman, Ibu Kota Nusantara atau IKN nantinya akan menjadi sebuah superhub ekonomi. Sementara 10 kota lainnya akan menjadi hub ekonomi berbasis tekhnologi.

Namun untuk bisa sampai ke sana, perlu ada hub level lebih kecil sebagai pendukung. Bahkan sampai tingkat kecamatan atau desa yang akan mendukunug 10 kota yang menjadi pendukung superhub IKN tersebut.

“IKN nanti sebagai super hub dalam bidang tekhnologi dan 10 kota lain sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis tekhnlogi. Tapi 10 kota harus ada penopang dengan kecamatan-kecamatan dan desa-desa dengan isi manusianya yang kreatif,” ujarnya usai diskusi bertajuk Majenang Future Leader, Kontribusi Pemuda Desa Membangun Bangsa, Jumat (12/1/2024) di Taman Tatto Cilacap.

Budiman menambahkan, untuk membangun hub ini butuh orang-orang kreatif. Karenanya, dia sudah diskusi dengan sejumlah anak muda di Majenang, Cilacap agar ada tempat berkumpul dan berdiskusi. Tujuannya membangun ekosistim kreatif yang akan mendorong anak muda bisa lebih berkembang.

“Ini bagus sekali karena ada kegiatan yang berbicara ekonomi daerah, ekonomi kreatif dan ekonomi masa depan. Saya menemukan Indonesia banyak orang cerdas dan kreatif,” terangnya.

“Masalahnya kita belum selesai membangun ekosistim bagi orang-orang kreatif. Itu tantangan kita,” katanya.

Dia juga sangat berharap banyak tempat yang bisa membangun tempat diskusi dan berlatih bagi anak muda kreatif. Karena nantinya mereka yang akan memanfaatkan peluang. Termasuk kesempatan dengan 10 kota sebagai pendukung superhub IKN.

“Karena ekonomi masa depan sangat butuh orang-orang kreatif,” tegasnya. (*)