3 Pasien DB Masih Dirawat, 6 Sembuh

  • Bagikan
RSUD Majenang tengah merawat 3 pasien DB. Mereka merupakan warga satu komplek perumahan di Desa Mulyasari Kecamatan Majenang, Cilacap. (doc)

CILACAP – Kasus penyebaran Demam Berdarah (DB) di Kecamatan Majenang, Cilacap belum berakhir sepenuhnya pasca dilakukan fogging pada Kamis (20/5/2021). Saat ini masih ada 3 orang yang tergeletak tak berdaya hingga harus mendapatkan perawatan di RSUD Majenang dan klinik swasta.

“Masih ada tiga yang dirawat,” ujar Kepala Puskesmas Majenang 1, Sri Wahyuni, Jumat (21/5/2021).

Dia mengatakan, pihaknya juga akan kembali melakukan evaluasi 3 hari pasca fogging. Langkah ini untuk melihat sejauh mana efektifitas fogging untuk menekan penyebaran DB di komplek perumahan warga Desa Mulyasari Kecamatan Majenang.

“Kita akan PE lagi setelah tiga hari (dari fogging),” katanya.

Disamping itu juga akan melihat kondisi 6 warga yang sudah dinyatakan sembuh. Mereka akan dimonitor perkembangan kesehatan karena dipastikan harus menjalani pemulihan pasca perawatan di rumah sakit.

“Yang sembuh juga akan kita monitor,” kata dia.

Demikian juga dengan jentik nyamuk di lingkungan perumahan warga setempat. Jika masih ada jentik apalagi dalam jumlah besar, dipastikan kasus ini akan kembali muncul di lain waktu. Ini mengingat jentik akan berkembang menjadi nyamuk dewasa (vektor) dan menyebarkan DB.

“Harus sampai habis biar tidak ada vektor lagi,” tegasnya.

Yuni menambahkan, warga juga diminta menindaklanjuti fogging dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan masing-masing. Seperti tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), memastikan tidak ada genangan air dengan menerapkan 3 M.

“Membersihkan, menutup dan mengubur atau pemberantasan sarang nyamuk,” tandasnya.

Seperti diketahui, 9 warga Desa Mulyasari Kecamatan Majenang, Cilacap terjankit DB. Pasien merupakan warga komplek perumahan di sana. DB menyebar dengan cepat dan terjadi sejak ramadan hingga sepekan setelah ramadan. Akhirnya komplek perumahan ini difogging petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. (*)

  • Bagikan