4 Tahun Rusak, Perbaikan Jalan Andalkan CSR

  • Bagikan
Perwakilan Pertamina Cilacap menyerahkan bantuan aspal bagi Desa Pegadingan Kecamatan Cipari. Jalan di sana sudah rusak parah selama 4 tahun dan belum ada perbaikan sama sekali. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Perbaikan jalan penghubung sejumlah desa di Kecamatan Cipari, sudah 4 tahun terakhir rusak dan belum tersentuh perbaikan. Ruas ini sebagian berada di kawasan perkebunan karet milik swasta. Dan sisanya masuk dalam kewenangan pemerintah desa alias berstatus jalan desa.

Kepala Desa Pegadingan Kecamatan Cipari, Cilacap, Dirun mengatakan, kerusakan jalan di sana sangat parah. Kondisi ini membuat warga setempat dan juga yang tinggal di sisi utara Kecamatan Cipari, selalu mengeluh.

“Ini jalan vital karena menghubungkan 4 atau 5 dengan pusat kecamatan. Selain Desa Pegadingan sendiri, juga ada Desa Karangreja, Caruy dan Sidasari,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi jalan sudah sangat rusak. Terlihat dengan hilangnya lapisan aspal. Demikian juga dengan lapisan pondasi jalan berupa batu makadam yang juga mulai menghilang. Akibatnya jalan dipastikan penuh dengan kubangan air saat hujan turun. Sementara sekarang saat kemarau, jalan nampak bergelombang.

Kerusakan jalan ini terjadi karena sering dilalui kendaran bermuatan berat. Hingga umur jalan maksimal 2 tahun. Setelah itu dipastikan kerusakan akan bertambah parah.

“Umur jalan di sini rata-rata 2 tahun karena sering dilalui kendaraan berat,” kata Dirun.

Mendapati kondisi ini, Pertamina RU IV Cilacap mengirimkan bantuan berupa aspal sebanyak 30 drum. Bantuan ini tiba di desa tersebut pada Sabtu (14/8/2021) dan langsung diserahkan kepada Kepala Desa Pegadingan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina RU IV Cilacap atas bantuan aspal ini. Aspal akan langsun dipakai untuk perbaikan jalan. Diharapkan 2 bulan perbaikan jalan bisa selesai,” ujar Dirun.

Dia mengakui, kebutuhan aspal untuk perbaikan jalan tersebut sangat besar dan sulit menggunakan anggaran pemerintah desa. Kebutuhan aspal mencapai 300 drum untuk bisa memperbaiki seluruh jalan rusak di sana sepanjang 4 KM.

“Kebutuhan 300 drum. Tapi dengan bantuan ini bisa dipipil. Semoga tahun depan sudah baik semua,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Syaiful Mustangin mengatakan hal serupa. Menurutnya aspal sangat dibutuhkan untuk perbaikan jalan tersebut. Apalagi dengan melihat tingkat kerusakan jalan yang sudah sangat merisaukan dan membahayakan pengguna jalan.

“Aspal sangat dibutuhkan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari Pertamina RU IV Cilacap melalui CSR,” tegasnya. (*)

  • Bagikan