Akreditasi Puskesmas di Cilacap Nyaris Sempurna

Surveyor saat berada di Puskesmas Majenang 1, Cilacap, Rabu (6/12/2023). Hasil akreditasi bagi puskesmas di Cilacap nyaris sempurna dengan 17 lulus dengan status paripurna. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Akreditasi puskesmas di Kabupaten Cilacap, nyaris bisa sempurna. Yakni seluruh puskesmas di sana bisa mendapatkan gelar paripurna usai mendapatkan assesmen dari surveyor akreditasi.

Di Cilacap ada 38 puskesmas yang tersebar di 24 kecamatan. Sampai akhir tahun 2023, tinggal menyisakan 1 puskesmas yang belum didatangi surveyor. Terbaru adalah Puskesmas Majenang 1 yang mendapatkan assesmen dari surveyor pada Rabu (6/12/2023).

Akreditasi ini dilakukan tiap 5 tahun untuk memastikan standar pelayanan fasilitas kesehatan. Karena tiap fasilitas kesehatan ini, harus melengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung, prosedur pelayanan hingga detail lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griyana Dewi mengatakan, hasil akreditasi puskesmas sebagian sudah keluar.

“Kita ada 38 puskesmas. 17 sudah keluar hasilnya. Dan semuanya lulus paripurna. Lulus dengan tingkatan tertinggi,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya masih menunggu hasil untuk puskesmas lainnya. Termasuk mempersiapkan 1 puskesmas yang masih menunggu jadwal akreditasi.

“Kita masih menunggu hasil lainnya,” kata dia.

Pramesti menambahkan, akreditasi tahun ini mayoritas melibatkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Seperti puskesmas ataupun klinik milik swasta. Untuk klinik, total ada 94 dan 33 sudah terakreditasi. Pihaknya memastikan, 17 klinik berstatus paripurna dan 3 lainnya lulus dengan predikat pratama.

“Ini satu tingkat di bawah paripurna,” katanya.

Dia menambahkan, proses akreditasi untuk klinik dan puskesmas di Cilacap berjalan lancar. Selama proses, petugas klinik dan puskesmas banyak menerima masukan dan arahan dari para surveyor. Tujuannya agar fasilitas kesehatan ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ke depan layanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama akan menjadi lebih baik dn paripurna,” tegasnya. (*)