Anggota DPR RI Dari Golkar Dorong Cilacap Turun Level

  • Bagikan
Petugas memeriksa denyut nadi warga sebelum divaksin, Jumat (6/8/2021). Vaksinasi dinilai menjadi satu-satunya jalan agar Cilacap bisa menuju level 1 dan bersiap menuju new normal. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) VIII, Teti Rohatiningsih memberikan dukungan dan dorongan kuat untuk warga dan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Langkah tersebut diberikan agar Cilacap bisa turun level lagi.

Saat ini Kabupaten Cilacap masuk level 3 dalam PPKM berdasarkan sejumlah indikator penentu. Dan saat PPKM Darurat lalu, Kabupaten Cilacap masih masuk level 4.

“Cilacap semula level 4. Sekarang sudah level 3,” ujar Teti Rohatiningsih, di sela-sela bakti sosial berupa vaksinasi, Jumat (6/8/2021).

Dia menambahkan, vaksinasi menjadi jalan utama bagi warga Kabupaten Cilacap untuk bisa turun lagi menuju level 2 dan kemudian menjadi level 1. Bahkan dia menyebut, upaya memberikan kekebalan tubuh ini menjadi satu-satunya jalan dan harus ditempuh bersama. Dengan vaksinasi ini, akan terbentuk kekebalan tubuh secara komunal atau herd community.

“Ini satu-satunya jalan menuju level 1. Disamping tentunya prokes (protokol kesehatan),” tambahnya.

Jika Kabupaten Cilacap sudah bisa turun ke level 1, barulah masyarakat dipersiapkan menuju new normal. Dalam konsep new normal ini, kehidupan masyarakat diharapkan sudah mulai pulih seperti sebelum pandemi. Meski demikian, masyarakat masih tetap menerapkan prokes.

Karena itu, dirinya memberikan dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten Cilacap agar bisa turun level. Seperti memberikan rumah kediamannya di Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, Cilacap. Rumah ini terbuka bagi siapa yang akan menggelar vaksinasi dengan melibatkan warga secara massif.

Menurutnya, rumah ini ada fasilitas yang bisa dipakai organisasi manapun untuk menggelar vaksinasi. Seperti adanya tempat cuci tangan dengan air mengalir. Demikian juga dengan fasilitas penunjang lainnya.

“Rumah kami memadai untuk menggelar vaksinasi dengan tetap mengedepankan prokes,” kata dia.

Dia berharap agar sosialisasi vaksin terus dikumandangkan sampai kelompok masyarakat paling bawah. Karena dengan sosialisasi ini warga akan lebih bisa memahami pentingnya vaksin dalam rangka membentuk herd community.

“Sosialisasikan vaksin sampai tingkat RT menuju herd immunity yang kuat,” kata dia.

Teti mengingatkan agar warga tetap melaksanakan prokes dalam keseharian mereka. Apalagi saat keluar rumah untuk berbagai kepentingan dan aktifitas. Peringatan ini diberikan karena cakupan vaksin di Kabupaten Cilacap masih rendah.

“Cakupan vaksinasi belum luas, hingga interaksi antar warga harus tetap terapkan prokes,” tegasnya. (*)

  • Bagikan