BPBD Cilacap Sorot MDMC. Ini Penjelasan Kalak BPBD

  • Bagikan
Relawan MDMC melakukan assesment untuk mengukur lebar pergerakan tanah. Keberadaan relawan disorot BPBD Cilacap karena membantu pengungsi. (doc)

CILACAP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menilai, para relawan memiliki peran besar saat mereka diterjunkan ke lokasi bencana. Seperti di lokasi pergerakan tanah di Desa Karangintung Kecamatan Gandrungmangu. Sekelompok relawan bersama aparat terkait saling bahu membahu memberikan bantuan kepada para pengungsi yang masih bertahan di tenda darurat.

“Peran relawan ini sangat membantu para pengungsi,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy.

Dia bahkan menyebut salah satu kelompok relawan di bawah naungan Muhammadiyah yakni MDMC. Mereka punya andil besar bersama aparat dan warga dalam membantu para pengungsi di lokasi bencana.

“Termasuk MDMC,” katanya.

Menurutnya, fungsi relawan memang memberikan bantuan kepada para korban bencana. Seperti memberikan bantuan psikologis, pendataan lokasi, pendataan dan juga bantuan medis.

Dukungan dari kalangan non relawan, juga masih tetap diberikan. Seperti pedagang pasar yang secara rutin mengirimkan bantuan sayuran. Bantuan ini dikirim langsung ke lokasi pengungsian di Dusun Pagergunung.

“Iya, ada bantuan dari pedagang pasar berupa sayuran,” kata Tri.

Ketua MDMC Cilacap, Tasnarto mengatakan, ada 4 kegiatan yang sudah dilakukan tim relawan dan diterjunkan ke Dusung Pagergunung Desa Karangintung Kecamatan Gandrungmangu. Pertama adalah mengirimkan tim assesment untuk mendata kejadian, kerusakan dan jumlah pengungsi. Dilanjutkan dengan pengiriman bantuan bagi para korban.

“Juga ada kegiatan psycho social dan pemeriksaan kesehatan bersama PKU Gandrungmangu,” kata dia.

Ditambahkannya, Rabu (9/6/2021) ini tim dari MDMC Jawa Tengah dalam perjalanan menuju lokasi. Diharapkan tim Jawa Tengah ini akan memperkuat keberadaan relawan yang sudah sejak awal diturunkan ke sana.

“Hari ini (9/6/2021) MDMC Jawa Tengah turun ke lokasi,” tegasnya.

Seperti diketahui, Dusun Pagergunung Desa Karangintung Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap ada pergerakan tanah. Bencana ini merusak 9 rumah warga dan mengakibatkan 79 orang harus mengungsi. Diantara para pengungsi ada kelompok rentan yakni lanjut usia dan balita. (*)

  • Bagikan