Bupati Cilacap Target 90 Persen Warga Tervaksin di Akhir Tahun

  • Bagikan
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat meninjau vaksinasi, Selasa (12/10/2021). Dia menargetkan 90 persen penduduk Cilacap tervaksin pada akhir tahun 2021. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Bupati Cilacap menargetkan 90 persen warga sudah tervaksin. Target Bupati Cilacap ini harus terwujud pada akhir tahun ini. Jumlah 90 persen tersebut akan mendekati 1,5 juta jiwa warga Cilacap yang masuk dalam sasaran vaksinasi. Sementara jumlah penduduk di sana sekitar 2 juta jiwa.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, target 90 persen ini sebagai bentuk perang melawan Covid19. Dengan mematok target ini, dirinya tidak mempermasalah optimis atau tidak. Namun menjadi sebuah keharusan.

“Bukan masalah optimis. Tapi ini sebuah keharusan. Kalau optimis itu masih bayang-bayang,” tegasnya saat meninjau vaksinasi warga di Pendopo Kecamatan Majenang, Selasa (12/10/2021).

Menurut Tatto, ada 2 kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi di Cilacap. Pertama adalah warga lanjut usia.

Kelompok ini masuk kategori rentan terpapar Covid19. Mereka kerap mengalami gangguan kesehatan hingga kekebalan tubuh menurun. Kondisi ini membuat virus yang muncul sejak akhir 2019 itu mudah masuk ke sistim pertahanan tubuh para lansia.

Kedua adalah kelompok siswa, tenaga pendidik dan kependidikan. Masuknya kelompok ini ke prioritas kedua untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Cilacap.

“Prioritas vaksinasi adalah lansia, lalu pendidik, tenaga kependidikan dan siswa,”

Dia berharap agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan meski mereka sudah mendapatkan vaksin. Karena tujuan utama vaksinasi adalah memperkuat sistim kekebalan tubuh dan masih memungkinkan terpapar Covid19.

“Kalaupun kena, sudah terbangun imun karena sudah vaksin,” tegasnya. (*)

  • Bagikan