Caesar Tapi Cepat Sembuh Berkat ERACS

Komisaris RSU Duta Mulya, dr Tatang Mulyana saat visit pasien usai menjalani opeasi caesar. Rumah sakit swasta ini sudah menerapkan metode ERACS hingga pasien lebih cepat sembuh. Hanya butuh18 jam dan pasien bisa pulang meski menjalani operasi caesar. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Proses melahirkan melalui operasi caesar tapi cepat sembuh menjadi pilihan artis hingga banyak ditiru warga. Metode terbaru bernama ERACS atau Enhanced Recovery After Caesarean Surgery membuat proses penyembuhan lebih cepat. Ibu melahirkan cukup 24 jam berada di rumah sakit untuk pemulihan.

Komisaris RSU Duta Mulya, dr Tatang Mulyana Sp OG menjelaskan, ada treatmen khusus bagi calon ibu melahirkan sebelum dan saat operasi pembedahan. Hal ini membuat mereka bisa lebih cepat sembuh.

“Sebelum operasi sudah ada treatment. Misalnya, puasa 8 jam sebelum operasi,” kata Tatang, Selasa (14/12/2021).

Selain itu, pasien mendapatkan obat tertentu dan bius dengan dosis tertentu pula sebelum operasi. Perbedaan dosis bius ini untuk mendukung proses operasi bisa berjalan lancar tanpa ada keluhan sakit pasca pembedahan.

Saat operasi juga ada perlakuan dari ahli bedah, ahli kandungan dan anastesi. Seperti tata cara pengambilan janin dari kandungan harus dengan metode tertentu. Demikian juga jangka waktu pengambilan.

“Tujuannya agar ibu merasa nyaman selama operasi. Meski operasi caesar tapi cepat sembuh,” kata dia.

RSU Duta Mulya sudah menerapkan metode ERACS dan mengoperasi 194 ibu melahirkan. Hasilnya sangat menggembirakan karena rata-rata pasien hanya butuh 18 untuk kemudian bisa pulang. Mereka juga tidak butuh waktu lama untuk bisa duduk, beraktifitas dan bahkan makan.

Anisatul Fikriyah, salah satu ibu melahirkan di RSU Duta Mulya mengaku sangat nyaman dengan metode tersebut. Dia sudah bisa pulang usai menjalani operasi pada Senin (13/12/2021) siang.

“Selama operasi dan setelah operasi saya sangat nyaman,” kata dia.

Dia mengaku sangat jauh berbeda dengan operasi caesar saat melahirkan anak kembar. Dia merasa kaki masih belum bisa bergerak meski sudah 2 hari pasca operasi.

“Sekarang hari pertama sudah bisa duduk. Bahkan saat di dalam (ruang operasi), kaki sudah bergerak meski sedang dijahit dan saya tidak merasakan sakit,” tegasnya. (*)