News  

Cegah Abrasi, Pertamina Tanam 3000 Cemara Laut

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji tanam pohon cemara laut di pantai Cilacap, Jumat (21/1/2022). Aksi tanam pohon cemara laut ini menjadi program Pertamina RU IV Cilacap bersama warga dan jajaran Forkompinda. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Mencegah terjadinya abrasi di pesisir pantai Cilacap, Pertamina RU IV tanam 3000 bibit pohon cemara laut, Jumat (21/1/2022). Penanaman ini bersama jajaran Forkompinda Cilacap, warga dan sejumlah relawan. Penanaman ini juga berkaitan dengan momentum Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional.

Pesisir Cilacap sendiri sulit terhindar dari abrasi karena wilayah ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Hingga gelombang laut kerap tinggi dan kencang sepanjang tahun. Apalagi pada musim-musim tertentu akan muncul ombak besar yang bisa menyapu daratan.

Pjs. General Manager PT KPI RU IV Cilacap, Didik Subagyo mengatakan, penanaman 3000 cemara laut ini sebagai upaya Pertamina untuk ikut menjaga lingkungan.

“Terutama wilayah pantai. 3 ribu pohon cemara laut untuk menahan abrasi di pantai,” kata dia.

Pertamina berharap, cemara laut yang di tanam dan tumbuh di sepanjang garis pantai bisa mendukung wisata di Kabupaten Cilacap. Karena pohon ini memberikan keindahan tersendiri dan bisa dimanfaatkan pengunjung ataupun wisatawan.

“Ini bagus dan bermanfaat. Kita harapkan bisa tingkatkan potensi wisata,” kata dia.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, keberadaan pohon cemara laut ini sangat besar karena mampu menahan laju abrasi. Apalagi abrasi di sana sangat tinggi hingga harus ada upaya untuk mencegah kerusakan lebih besar lagi.

“Kalau tidak ada pohon cemara laut, batas sudah hilang,” kata Bupati.

Dia lalu mengapresiasi langkah Pertamina RU IV yang sudah membuat program peduli lingkungan melalui tanam 300 pohon cemara laut di pantai Cilacap. Apalagi kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan oleh Pertamina bersama warga dan Forkompinda Cilacap.

“Ini bukan yang pertama kali. Tapi sudah berulang kali,” kata dia.

Karena itu dia berharap agar semua pihak bisa mendukung upaya pencegahan abrasi pantai secara bersama-sama. Termasuk dunia usaha di sana. Selain itu, pohon yang sudah ada bisa dijaga secara bersama-sama.

“Yuk kita jaga bersama,” tegasnya. (*)