Daftar Vaksinasi Bisa di Polsek. Begini Caranya

  • Bagikan
Polsek dijadikan tempat pendaftaran vaksinasi bersamaan dengan program Vaksinasi Merdeka Candi serentak di seluruh wilayah Polda Jawa Tengah. (doc)

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap memang sudah membuka aplikasi pendaftaran vaksinasi secara online. Aplikasi bertajuk VIVACILACAP ini akan memudahkan warga untuk bisa divaksin dan mendapatkan jadwal serta lokasinya.

Namun kali ini, Polres Cilacap membuka kesempatan berbeda dan alternatif pendaftaran. Warga dipersilahkan mendaftarkan diri mereka di polsek terdekat. Atau dengan menghubungi Babinkamtibmas yang mengampu seluruh desa di Kabupaten Cilacap.

Kebijakan ini dikeluarkan oleh Polres Cilacap setelah ada program Vaksinasi Merdeka Candi yang akan mulai digelar pada Kamis (5/8/2021). Kegiatan ini digelar bersamaan dengan peringatan HUT RI ke 76. Kegiatan ini digelar secara serentak, bukan hanya di jajaran Polres Cilacap. Namun di seluruh wilayah Polda Jawa Tengah.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menyampaikan, pemilihan polsek sebagai pendaftaran langsung diharapkan bisa menghindari kerumunan. Selain itu juga untuk mempermudah warga karena bisa mendaftar secara langsung. Termasuk mendaftarkan diri melalui petugas Babinkamtibmas.

“Cukup dengan membawa KTP,” ujar Kapolres, Selasa (4/8/2021).

Masyarakat, lanjutnya juga akan mendapatkan pelayanan lain dari petugas. Yakni terkait jadwal dan lokasi vaksinasi setelah semua proses pendaftaran selesai dilakukan.

“Nantinya Polsek yang akan memberi tahu jadwal vaksinasi,” kata dia.

Dia menambahkan, pendaftaran ini juga akan dibuat jadwal tersendiri. Tujuannya jelas, yakni menghindari kerumunan warga yang justru dikhawatirkan terjadi penyebaran Covid19.

“Akan dibagi shift jam pelaksanaannya agar tidak terjadi penumpukan,” jelasnya.

Ia berharap dengan vaksinasi tersebut bisa membantu percepatan tercapainya herd immunity. Namun ia menegaskan masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan meski sudah divaksin.
Untuk di lapangan masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin tetap protokol kesehatan, patuh terhadap masker, kami cegah laju pertumbuhan
Covid19. (*)

  • Bagikan