News  

Dinas Prioritaskan Vaksin Dosis 2

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap masih prioritaskan vaksinasi dosis 2. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap masih terus prioritaskan vaksin dosis 2 bagi masyarakat. Sementara pemberian booster masih harus menunggu tambahan stok vaksin. Sementara stok yang ada, lebih banyak dipakai untuk percepatan vaksin dosis 2 sesuai.

Saat ini, capaian vaksinasi dosis 2 masih jauh kalah dibandingkan dosis 1. Misalnya dosis 2 untuk lansia yang baru mencapai 40-50 persen. Demikian juga dengan vaksinasi dosis 2 untuk umum yang baru mencapai 68 persen. Kalah jauh dengan dosis 1 yang sudah tembus 87 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griyana Dewi mengatakan, pihaknya masih prioritaskan vaksin dosis 2. Ini dengan melihat data tersebut.

“Ini (dosisi 2) masih kurang banyak,” ujar Pramesti.

Dia menambahkan, vaksinasi booster pada dasarnya merupakan vaksin sekunder atau tambahan. Sementara vaksin dosis 1 dan 2 masuk kategori primer atau utama. Artinya, warga baru akan mendapatkan vaksin booster jika mereka sudah mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2.

“Booster kan vaksin sekunder,” katanya.

Untuk sementara, vaksin booster baru diberikan pada kelompok prioritas. Seperti kelompok lansia dan staf di bagian pelayanan umum. Mereka termasuk kategori beresiko karena sering bertemu dengan banyak orang ketika tengah melayani masyarakat.

“Fokus ke kelompok beresiko,” katanya.

Dia berharap, percepatan vaksinasi bagi masyarakat akan memberikan kekebalan terhadap virus Covid19. Terutama dengan adanya varian baru yakni Omicron yang sudah mulai merambah Cilacap. (*)