Dua Hari Angka Covid-19 di Cilacap Bertambah 428 Kasus

  • Bagikan
Kasus penyebaran Covid19 di Kabupaten Cilacap melonjak dan didominasi oleh kluster keluarga dan hajatan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

Cilacap – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap meledak, dalam dua hari Selasa dan Rabu ini ada tambahan sebanyak 428 kasus positif covid-19. Dimana pada Selasa (22/6/2021) penambahan sebanyak 225 kasus dan pada Rabu (23/6/2021) bertambah sebanyak 203 kasus.

Sehingga sampai Rabu, terdapat sebanyak 1.459 kasus pasien positif aktif di Cilacap. Selain tambahan pasien positif, dalam dua hari ini tercatat ada sebanyak 21 orang pasien positif yang meninggal dunia, dan 188 orang pasien sembuh.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan jika penularan didominasi oleh klaster keluarga dengan jumlah total 132 keluarga. Selain itu juga ditambah dengan klaster kantor 15 orang, klaster hajatan di Dayeuhluhur 15 orang dan klaster hajatan di Cimanggu 27 orang.

“Penambahan kebanyakan klaster keluarga,” ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Meskipun angka kasus penularan tinggi, namun dikatakan Pramesti jika Cilacap masih masuk ke zona orange.

Terkait dengan ketersediaan tempat tidur di 9 rumah sakit rujukan, sudah terisi sebanyak 76,5 persen. Dimana ketersediaan tempat tidur sebanyak 332 tempat tidur di ruang isolasi, dengan 22 ICU Covid-19. Sampai Rabu sudah terisi sebanyak 254 tempat tidur, dan untuk ICU terisi 18 tempat tidur. 

Beberapa upaya untuk menekan angka penularan Covid-19 ini dengan terus melakukan tracing, testing dan treatmen lebih massif, penyekatan dan pelarangan pembatasan yang dilakukan Satgas diaktifkan lagi, dan percepatan vaksinasi.

Faktor penyebab meningkatnya kasus covid-19 ini, dikatakan hampir sama yang terjadi di Jawa Tengah, mulai dari mengendornya protokol kesehatan dari masyarakat. Adanya dampak liburan lebaran, meskipun ada larangan mudik tetapi mobilitas masyarakat tinggi. Sehingga akibatnya baru dirasakan setelah 2-3 minggu setelah masa liburan tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf meminta agar semua pihak terus melakukan upaya bersama menanggulangi penyebaran Covid19. Diakuinya, pandemi selama 1,5 tahun terakhir ini sudah membuat banyak pihak merasa lelah.

“Sudah lelah. Tapi jangan sampai patah semangat sambil terus berharap dan berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir,” tegasnya. (*)

  • Bagikan