Gegara Serbuk, Pabrik Kayu Terbakar

  • Bagikan
Pabrik kayu milik PT Mitra Cimalati Indonesia di Desa Madusari Kecamatan Wanareja, Cilacap, terbakar pada Senin (17/5/2021) petang. Api berasal dari percikan mesin pemotong yang membakar serbuk di tempat penampungan. (doc)

CILACAP – Butiran serbuk kayu yang sangat lembut, ternyata mampu membawa kerusakan hebat terhadap fasilitas pabrik. Beruntung, kobaran api bisa segera dilokalisir petugas Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Majenang yang menerjunkan 1 armada dan 4 personil.

Informasi yang dihimpun bercahayanews.com menyebutkan, api pertama kali diketahui pekerja pabrik kayu milik PT Cimalati Mitra Indonesia yang ada di Desa Madusari Kecamatan Wanareja, Senin (17/5/2021). Api mulai berkobar sekitar pukul 17.30. Mendapati api yang kian membesar ini, pekerja langsung menghubungi kantor Pos Damkar Majenang yang langsung menerjunkan 1 unit armada lengkap dengan peralatan pendukung.

Setiba dilokasi, petugas langsung melakukan pemadaman terhadap titik api yang terpusat di shilo atau tempat penampungan serbuk kayu yang berada di bagian belakang lokasi pabrik. Petugas akhirnya berhasil menguasai api sekitar pukul 21.20.

Hasil penelusuran petugas menyebutkan, api diduga kuat berasal dari percikan yang bersumber dari gesekan mesin pemotong di bagian produksi. Percikan api ini kemudian menjalar melalui saluran pembuangan serbuk dan terbawa ke penampungan di bagian belakang.

“Penyebabnya karena ada percikan api dari mesin pemotong di bagian produksi,” ujar Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Cilacap, Supriyadi.

Dia memastikan, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Pemilik pabrik mengalami kerugian Rp 5 juta karena rusaknya fasilitas pembuangan serbuk kayu itu.

“Tidak ada korban jiwa,” tegasnya.

Dia berharap, kejadian ini bisa dijadikan pelajaran oleh semua pengusaha kayu di Cilacap agar lebih hati-hati dan waspada. Termasuk memperbaiki fasilitas pabrik agar bisa meminimalisir terjadinya kebakaran.

“Jangan ada kesan pengusaha pabrik kayu selalu bergantung ke kita (pemadam) tanpa ada upaya,” tandasnya. (*)

  • Bagikan