News  

Kelas Dipakai Pengungsi, Jadwal Belajar Berubah

Para pengungsi tempati kelas di SD 04 Kuta Bima. Kondisi ini membuat jadwal siswa terpaksa berubah. (doc)

CILACAP – Akibat ruang kelas dipakai untuk para pengungsi korban tanah longsor, jadwal belajar siswa SD 04 Kuta Bima Kecamatan Cimanggu, Cilacap terpaksa berubah. Jam belajar baru kembali normal saat para pengungsi kembali ke rumah masing-masing.

Longsor terjadi pada Kamis (31/3/2022) dan mengakibatkan kerusakan hebat bagi infrastruktur berupa jalan desa. Mayoritas jalan ini tertutup lumpur material longsor dan menyulitkan lalu lintas warga. Termasuk untuk mengevakuasi warga yang terjebak di lokasi tanah longsor.

Kepala Desa Kuta Bima Kecamatan Cimanggu, Cilacap Hasan mengatakan, ruang kelas di SD 04 Kuta Bima dipakai para pengungsi. Karena bangunan ini paling dekat dengan lokasi bencana dan memiliki fasilitas yang memadai.

“Ada ruang kelas yang bisa untuk tempat pengungsian,” ujar Hasan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono mengatakan, pihaknya menyadari keputusan penggunaan SD 04 Kuta Bima untuk tempat pengungsi.

“Yang pertama kita lakukan adalah penyelamatan nyawa korban. Kita persilahkan karena SD ini paling dekat dengan lokasi bencana dan ada fasilitas yang bisa dipakai pengungsi,” kata Sadmoko, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, jadwal belajar siswa bisa saja berubah sesuai dengan kondisi di lokasi bencana. Karena sangat mungkin ada keluarga siswa yang menjadi korban bencana tersebut. Sementara jadwal belajar yang berubah ini akan terus melihat perkembangan terbau.

Dia mengatakan, kepala SD akan mengatur jadwal lebih lanjut agar bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Bisa saja nantinya siswa masuk secara bergantian.

“Bisa saja masuk gantian. Intinya kita menyesuaikan kondisi yang ada,” kata dia.

Menurutnya, siswa di Kabupaten Cilacap baru saja menikmati libur awal ramadan sejak 1 hingga 4 April 2022. Hingga sejak Selasa (5/4/2022) mereka sudah masuk sekolah kembali.

“Hari ini secara umum siswa di Cilacap sudah masuk lagi setelah libur awal ramadan,” tegasnya. (*)