News  

Kembali Terjadi, Kebakaran Lahan Akibat Bakar Daun Kering

Kebakaran lahan kembali terjadi akibat aktifitas membakar daun kering. Beruntung, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material. (doc)

CILACAP – Kejadian kebakaran lahan akibat aktifitas bakar daun kering, kembali terjadi di Cilacap. Hal ini menambah panjang daftar kebakaran lahan selama kemarau panjang.

Wilayah Kabupaten Cilacap sempat kerap terjadi hujan rintik hingga deras. Namun memasuki pekan ke 2 Desember 2023, cuaca kembali kering dan sering ada tiupan angin dengan hawa panas. Kondisi ini membuat resiko kebakaran meningkat. Jika ada percikan api kecil, bisa menimbulkan kebakaran hebat.

Seperti yang terjadi di lahan milik warga Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, Cilacap, Kamis (21/12/2023). Lahan ini terbakar karena pemilik menyalakan api untuk membakar daun kering. Di saat bersamaan, cuaca panas terik dan ada tiupan angin kencang. Hingga api ini lalu merambat ke segala penjuru dan menimbulkan kebakaran lahan yang hebat.

Api yang berkobar hebat dan melahap hampir seluruh lahan ini, membuat warga setempat merasa panik. Apalagi, lokasi kebakaran dekat dengan rumah warga yang ada di Dusun Jatiluhur Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, Cilacap. Salah satu warga lalu berinisiatif menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Cilacap.

Mendapati laporan ini, petugas dari Pos Damkar Majenang bergegas menuju lokasi. Mereka mengendarai 1 unit mobil pemadam dan peralatan lengkap. Setiba di lokasi, petugas langsung mengupayakan pemadaman.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi memastikan, petugas berhasil menjinakan kobaran api hingga tidak sempat merembet ke rumah warga.

“Petugas bisa memadamkan api,” katanya.

Dia memastikan, tidak ada korban jiwa atau kerugian material akibat kejadian ini.

“Tidak ada korban jiwa atau kerugian material,” katanya. (*)