News  

Libur Nataru, 15 Ribu Tiket Kereta Api Ludes Terjual

ilustrasi

CILACAP – Sebanyak 15 ribu lembar tiket sudah terjual untuk perjalanan kereta api selama libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Sebagian besar pelanggan membeli tiket melalui aplikasi atau chanel resmi pemesanan. Pemesanan tiket ini sudah mulai sejak H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 antara 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto mencatat, sampai dengan 19 November 2023 sudah 15.000 tiket kereta api yang terjual untuk perjalanan selama libur Nataru. Jumlah ini setara dengan 10% dari total tempat duduk yang tersedia.

Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 ini, Daop 5 Purwokerto menyiapkan 155.088 tempat duduk dengan 270 perjalanan kereta api reguler. Atau rata-rata sama dengan 15 perjalanan dengan 8.616 tempat setiap hari.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam siaran pers menyebut, tarif tiket kereta api komersial selama libur Nataru, tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA). Sementara tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO), tarif tetap sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dia menambahkan, pemesanan tiket kereta api selama liburan ini mulai 6 November 2023. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

“Pemesanan tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan,” katanya.

Namun dia meminta agar pelanggan teliti dalam meng-input tanggal, memilih rute dan memasukkan data diri pada saat pemesanan.

“Kami juga mengimbau agar pelanggan merencanakan perjalanan sebaik mungkin. Termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun,” tegasnya. (*)