Lupa Matikan Tungku, Dapur Ludes

  • Bagikan
Petugas Satdamkar Cilacap memeriksa dapur keluarga Siti Ariani (44), warga Desa Bantar Kecamatan Wanareja usai terbakar. Kebakaran terjadi karena korban lupa mematikan api di tungku usai memasak, Rabu (11/8/2021) malam. (doc)

CILACAP – Gegara lupa mematikan api di tungku usai memasak, bisa berakibat fatal. Apalagi jika di sekitar tungku banyak bahan mudah terbakar seperti kayu kering, ranting dan lainnya.

Seperti yang terjadi pada Rabu (11/8/2021) malam. Karena lupa mematikan api di tungku usai memasak, Siti Aryani (44) mengalami kejadian tidak mengenakan. Warga Dusun Babakan RT 04 RW 04 Desa Bantar Kecamatan Wanareja, harus kehilangan dapur beserta isinya.

Kejadian ini bermula usai dirinya masuk ke rumah setelah menyiapkan menu makan untuk keluarga. Hanya saja, dirinya lupa mematikan api dan asik bercengkrama bersama seluruh anggota keluarga. Usai itu, seluruh anggota beranjak ke peraduan masing-masing.

Sekitar pukul 22.15, dia mendengar suara seperti kayu patah. Korban langsung mendatangi dapur dan mendapati api sudah membesar. Dia lalu berteriak dan meminta bantuan kepada tetangga sekitar. Salah satu warga lalu melaporkan kejadian ini kepada aparat desa setempat.

Mendengar teriakan ini, warga langsung berhamburan mendatangi lokasi kejadian. Mereka berupaya memadamkan api dengan mengunakan peralatan seadanya. Upaya ini cukup menyita tenaga karena keterbatasan alat dan besarnya kobaran api. Ditambah lagi dengan bahan mudah terbakar.

“Api bisa dipadamkan warga sekitar setengah sepuluh (rabu malam),” ujar Kepala Desa Bantar Kecamatan Wanareja, Zakaria Anshori, Rabu malam.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, Supriyadi memastikan tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun demikian, korban mengalami kerugian material karena dapur ludes terbakar. Nilai kerugian ini diperkirakan mencapai Rp 10 juta.

“Dapur terbakar habis,” katanya.

Dia berharap agar warga lebih berhati-hati dan selalu mematikan api usai berkegiatan di dapur. Apalagi jika hendak keluar rumah atau tidur. (*)

  • Bagikan