News  

Malam Tahun Baru Sepi Tanpa Perayaan Apapun

Malam tahun baru 2022 bakal sepi karena larangan perayaan malam tahun baru. Larangan ini muncul dalam rapat antara Mendagri dengan semua kepala daera melalu video confrence, Rabu (8/12/2021), (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Malam tahun baru 2022 bakal kembali sepi seperti pada 2021 lalu. Pemerintah menegaskan melarang keras adanya pawai dan arak-arakan pada malam pergantian tahun tersebut. Demikian juga dengan segala bentuk perayaan yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Larangan ini muncul dalam rapat antara Menteri Dalam Negeri bersama seluruh Kepala Daerah di Indonesia, Rabu (8/12/2021).

Rapat ini membahas pembatalan penerapan PPKM Level 3 yang sempat disampaikan Menkopolhutkan, beberapa hari lalu. Namun pembatalan ini tidak memberi kesempatan warga untuk menggelar kegiatan secara bebas pada libur natal dan tahun baru (Nataru).

Assisten Sekretaris Daerah 1, Dian Setia Budi menegaskan, dirinya baru saja mengikuti rapat tersebut dan membahas berbagai hal. Termasuk sejumlah pembatasan selama libur Nataru.

Dian menambahkan, Menteri Dalam Negeri sudah merevisi penerapan PPKM Level 3. Meski demikian, ada sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat selama libur Nataru tersebut.

“Tidak ada penyebutan level 3. Tetapi bukan berarti saat libur nataru itu terus kemudian kita menjadi bebas,” kata dia.

Dia menjelaskan, salah satu pembatasan tersebut adalah larangan pawai dan arak-arakan saat malam pergantian tahun. Menteri meminta agar warga tetap berada di rumah masing-masing yang membuat malam tahun baru bakal sepi.

“Perayaan tahun baru 2022 sedapat mungkin tetap berada di dalam rumah beserta keluarga, menghindari kerumunan dan tidak melakjukan perjalanan. Melarang adanya pawai dan arak-arakan tahun baru,” terangnya.

Kegiatan perayaan serupa juga menjadi hal terlarang. Seperti perayaan “Old and New Year” di semua lokasi. Bai di tempat terbuka maupun tertutup karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Ini juga dilarang,” kata tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Menkopolhutkan, Luhut Binsar Pandjaitan memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh tanah air. PPKM Level 3 ini mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Beberapa hari kemudian muncul pembatalan aturan tersebut. (*)