News  

Malam Tahun Baru, 9 Ruas Ditutup

9 ruas menuju cilacap kota akan ditutup saat malam tahun baru. Langkah serupa juga dilakukan di sejumlah ruas utama di beberapa kecamatan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Malam tahun baru 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Cilacap menerapkan aturan tegas untuk menghindari adanya kerumunan dan berpotensi terjadi penyebaran Covid19. Ada 9 ruas yang akan ditutup untuk umum pada malam tahun baru nanti.

Kasatpol PP Kabupaten Cilacap, Luhur Satrio Muchsin memastikan, sudah ada kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan jajaran Forkompinda lainnya. Menurutnya, penutupan 9 ruas jalan tersebut hanya berlaku selama satu hari.

“Hanya sehari. Mulai 31 Desember (2021). Terutama jalan yang masuk kota (Cilacap),” kata dia.

Penutupan serupa juga akan dilakukan oleh pemerintah kecamatan dengan melihat potensi kerumunan masyarakat pada malam pergantian tahun.

Hanya saja dia belum bisa merinci nama 9 jalan tersebut. Dia hanya memastikan, penutupan berakhir pada 1 Januari 2022.

Karena itu dari awal pihaknya akan mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat. Dengan demikian mereka tidak perlu keluar rumah untuk merayakan malam pergantian tahun.

Kasatpol menambahkan, lampu di fasilitas umum pada malam tersebut juga akan mati. Hal ini agar tidak muncul kerumunan atau kegiatan masyarakat.

“Lampu juga akan kita matikan,” kata dia.

Kapolres Cilacap AKBP Edi Widianto menambahkan, petugas juga akan mengecek hotel yang ada di seluruh Cilacap. Tujuannya agar karyawan, tamu serta manajemen hotel menerapkan protokol kesehatan.

“Hotel-hotel akan kita cek dan ada himbauan bersama-sama. Semua harus mengacu pada prokes,” kata dia.

Menurutnya, berbagai langkah tersebut untuk memastikan tidak ada kerumunan saat malam tahun baru nanti. Karena kerumunan ini akan membawa potensi penyebaran virus Covid19, terutama Omicron yang memiliki kecepatan penyebaran cukup tinggi.

“Ada varian baru yang memiliki tingkat kecepatan dalam penualran penularan cukup tinggi. Hingga perlu kewaspadaan
saat Operasi Natal dan tahun baru. Tugas kita memutus mata rantai penyebaran,” tegasnya. (*)