Mau Piknik? Tunggu Cilacap Turun ke Level 2

  • Bagikan
Pembukaan tempat wisata di Kabupaten Cilacap harus menanti turun ke level 2. Saat ini Cilacap masih level 4. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang kembali diperpanjang sampai akhir Agustus 2021, memaksa warga harus menunggu lebih lama lagi jika ingin piknik ke tempat wisata. Karena seluruh tempat wisata ini harus tutup bagi daerah yang masuk level 3 dan 4. Tidak terkecuali tempat wisata yang ada di Kabupaten Cilacap.

“Masih kita tutup karena Cilacap kan level 3. Bahkan kemarin ada kabar kita naik lagi ke level 4,” kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, pembukaan tempat wisata di Kabupaten Cilacap harus bisa melampaui 2 syarat utama. Kedua syarat ini wajib dan tidak ada pengecualian. Syarat pertama daerah ini sudah masuk level 2. Dengan kondisi sekarang ini, dipastikan seluruh tempat wisata di Kabupaten Cilacap sepi pengunjung karena tertutup rapat.

“Harus level 2. Level 3 apalagi 4 tidak bisa,” kata Tri.

Syarat ke 2 adalah melakukan simulasi pembukaan tempat wisata. Simulasi ini untuk memastikan semua persiapan pengelola tempat wisata saat didatangi pengunjung. Demikian juga dengan pemberlakukan pembatasan di tempat wisata. Atau fasilitas pendukung protokol kesehatan seperti sarana cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan lainnya.

“Harus menggelar simulasi. Itupun terbatas hanya boleh ada 30 orang,” kata dia.

Tri mencontohkan, wilayah yang sudah mulai melakukan simulasi adalah Kabupaten Kudus. Simulasi ini digelar beberapa waktu lalu dan Disporapar Kabupaten Cilacap sempat mengintip agenda itu.

“Kemarin kita lihat simulasi di (Kabupaten) Kudus. Mereka bisa seperti itu karena sudah masuk level 2,” tegasnya.

  • Bagikan