News  

Motor Rajai Arus Balik

Pemudik dengan sepeda motor rajai jalanan saat arus balik. Sabtu (7/5/2022) petugas di Pos Pam Mergo mencatat ada 6 ribu motor yang keluar Cilacap menuju Jawa Barat. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Sepeda motor terus rajai jalanan selama arus balik lebaran 2022. Mereka terpantau dan tercatat keluar dari Cilacap melalui Pos Pam Mergo yang menjadi titik perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Pos Pam Mergo menjadi salah satu pos yang memantau pergerakan arus mudik dan balik lebaran 2022 di Kabupaten Cilacap. Pos ini menjadi pemantauan pertama di Polres Cilacap untuk menghitung jumlah arus yang masuk saat arus mudik.

Saat arus balik, pos ini mendata seluruh kendaraan yang keluar Cilacap menuju Jawa Barat melalui jalur selatan nasional.

Data di Pos Pam Mergo memperlihatkan, pada Sabtu (7/5/2022) siang ada 6119 unit sepeda motor keluar dari Cilacap menuju Jawa Barat. Sementara kendaraan lain seperti bus, mobil keluarga baru mencapai 5004 unit.

Angka ini akan terus berkembang karena penghitungan baru sampai pukul 12.00. Sementara penghitungan oleh petugas dilakukan selama 24 jam penuh.

Data di Pos Pam Mergo memperlihatkan, kendaraan paling banyak keluar Cilacap antara pukul 09.00 sampai 12.00. Ada 4058 unit kendaraan roda 2 dan 4 berbagai jenis. Di fase 3 jam ini, motor masih tetap rajai jalanan saat arus balik dengan pengendara yang melintas mencapai 2448 unit.

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro mengatakan, ada 14 pos di Kabupaten Cilacap dan 2 diantaranya berada di perbatasan. Yakni di Pos Kalipucang Kecamatan Patimuan dan Pos Pam Mergo di Kecamatan Dayeuhluhur.

Kapolres menambahkan, pihaknya memiliki 3 pos utama di jalur mudik yang melalui jalur selatan nasional. Masing-masing adalah Pos Mergo, Rawa Apu dan Sampang. Ketiga pos ini memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa membantu pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Di 3 pos ini ada tempat pelayanan kesehatan, rest area sekaligus arena bermain anak dan juga bengkel. Demikian juga dengan mobil derek untuk menolong kendaraan yang mengalami masalah.

“Ada 3 pos di jalur utama yang semuanya ada fasilitas lengkap,” tegasnya. (*)