Pelaku Ekraf Bisa Jadi Partner Dinas

  • Bagikan
Disporapar gelar pembinaan pelaku ekraf, Kamis (26/8/2021). Dinas minta pelaku ekraf bisa membentuk komunitas dan menjadi mitra dinas. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap membuka peluang bagi semua pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Para pelaku ini bisa menjadi partner bagi dinas untuk bisa menjalankan program kemitraan secara bersama-sama dengan memaksimalkan potensi dan kekuatan di tiap kecamatan.

Hal ini disampaikan Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy saat membuka Pembinaan Pelaku Ekonomi Kreatif di pendopo Kecamatan Majenang, Kamis (26/8/2021). Menurut mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini, seluruh kegiatan ekraf sangat sejalan dengan program dinas.

“Teman-teman bisa menjadi mitra dinas,” katanya.

Menurutnya, yang paling penting dari seluruh kegiatan ekonomi ini adalah kreatifitas para pelaku. Apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat banyak kegiatan ekonomi mengalami hambatan.

Karena itulah, ekraf sangat tepat jika digarap anak muda karena sering memiliki ide baru dan mampu melakukan sejumlah terobosan. Hingga mereka bisa memaksimalkan peluang menjadi sebuah usaha produktif.

“Tepat sekali jika pelaku ekraf anak muda dan bisa membangun komunitas,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini baru ada 1 komunitas pelaku ekraf di tingkat kecamatan dan sudah diresmikan yakni di Majenang. Diharapkan komunitas ini bisa memberikan dorongan agar terbentuk komunitas serupa di wilayah lain. Caranya dengan memperlihatkan kreatifitas dan kemampuan memaksimalkan potensi yang ada.

“Baru di Majenang. Semoga bisa memberikan dorongan bagi kecamatan lain,” tegasnya.

Dia meyakini, wilayah tersebut mampu memberikan contoh. Apalagi dengan adanya rencana dari kecamatan untuk menggarap potensi wisata di Desa Jenang dan Bener. Komunitas ini diharapkan bisa lebih terpacu karena ada dukungan seperti itu.

“Tinggal di garap saja,” kata dia. (*)

  • Bagikan