Pemkab Cilacap Dorong Penyintas Donor Konvalesen

  • Bagikan
Forkompinda Cilacap saat mengikuti donor konvalesen di Pertamina, Selasa (3/8/2021). Pemkab Cilacap bersama Pertamina mengadakan kegiatan donor konvalesen selama 2 hari. (doc)

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap terus mendorong agar para penyintas bisa memberikan dukungan dalam penangganan Covid19. Caranya dengan meminta para penyintas mau menyumbangkan darah mereka untuk membantu proses penyembuhan para pasien terpapar.

Langkah ini diwujudkan dengan adanya gerakan donor konvalesen dan digelar selama 2 hari mulai Senin (2/8/2021). Agenda ini diinisasi oleh Pertamina Cilacap yang menyediakan lokasi serta fasilitas pendukung kegiatan tersebut.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Gugus Tugas Kabupaten Cilacap terus menghimbau agar para penyintas memberikan bantuan untuk menyelamatkan nyawa para pasien terpapar.

“Harta yang paling mahal adalah nyawa manusia. Tidak ada yang lebih dari itu,” kata Bupati, Selasa (3/8/2021) usai meninjau kegiatan donor konvalesen, Selasa (3/8/2021).

Dia menambahkan, para penyintas yang ingin melakukan donor konvalesen juga dipermudah. Ini dengan adanya tempat khusus seperti yang diadakan Pertamina Cilacap selama dua hari itu. Mereka juga bisa menghubungi PMI Cilacap guna keperluan serupa.

“Sekarang ada wadahnya. Ini launching atas inisasi Pertamina. Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap sangat berterima kasih atas upaya ini,” kata dia.

“Forkompinda mau kerjsama dengan semua pihak untuk selamatkan nyawa semua warga Cilacap. Bahkan untuk warga luar Cilacap,” tegasnya.

Kapolres Cilacap, AKPB Leganek Mawardi menambahkan, donor konvalesen ini memberikan dukungan penting bagi kesembuhan pasien terpapar Covid19. Dengan donor ini, maka tingkat kesembuhan pasien akan naik.

“Angka kesembuhan bisa naik terutama yang sedang di rawat. Tentu dengan pengobatan lain,” kata dia.

“Kita menggugah penyintas untuk bisa ikuti kegiatan ini. Bisa dengan mendatangi rumah sakit terdekat, Pertamina dan PMI Cilacap,” katanya.

General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Eko Sunarno mengatakan plasma konvalesens menjadi salah satu kebutuhan mendesak untuk mempercepat pemulihan bagi para penderita Covid-19.

“Inilah kontribusi kami para perwira Pertamina dalam ikut mengendalikan kasus Covid-19 khususnya di Kabupaten Cilacap. Terima kasih support dari TNI Polri serta Pemkab Cilacap selama ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Eko ini merupakan program kedua setelah aksi yang sama dilakukan pada bulan Februari lalu, yang saat itu berhasil menyumbangkan 25 kantong darah plasma.

Dandim Cilacap, Letkol (Inf) Andi Afandi menambahkan, donor konvalesen merupakan kesempatan para menyintas untuk menjadi “hero” atau pahlawan. Karena sumbangan darah para penyintas akan mempercepat proses penyembuhan pasien terpapar Covid19.

“Kami memanggil para hero untuk menyumbangkan darah,” tegasnya. (*)

  • Bagikan