News  

Pemkab Gelar Pasar Murah

Warga berburu kebutuhan di pasar murah yang digelar Pemkab Cilacap dan Danrem Wijayakusuma, Selasa (5/3/2024). Ada 10 ton beras yang habis diborong warga. (doc)

CILACAP – Pemkab Cilacap gelar pasar murah dengan menyediakan komoditas kebutuhan sehari-hari, Selasa (5/3/2024). Harga tiap komoditas jauh di bawah harga pasaran.

Seperti harga beras yang sekarang mencapai Rp 20 ribu per kg. Di pasar ini, masyarakat bisa menebus jauh lebih murah karena ada subsidi dari pemerintah. Demikian juga dengan komoditas lain seperti gula pasir, telor, minyak dan tepung terigu.

Pj Sekda Cilacap, Sujito mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan masyarakat. Terutama harga beras.

“Hari ini (Selasa) sudah kita adakan gerakan pangan murah di Cilacap untuk memberikan pasokan pangan kepada masyarakat dengan harga terjangkau,” kata dia.

Menurutnya, harga beras saat ini sudah sangat tinggi dan menyulitkan masyarakat. Harganya sudah menyentuh Rp 20 ribu per kg.

“Hari ini kita adakan pasar murah untuk stabilkan harga di masyarakat,” kata dia.

Pemkab, lanjutnya akan kembali menggelar kegiatan serupa pada Jumat (8/3/2024) di lokasi lain. Selain itu, pasar murah juga akan ada menjelang akhir ramadan. Karena biasanya, momen menjelang akhir ramadan atau saat jelang Idul Fitri, harga kebutuhan pokok melambung tinggi.

“Akan kita laksanakan kembali di hari Jumat. Juga menjelang akhir ramadan akan kita laksanakna lagi,” kata dia.

Danrem Wijayakusuma, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, SSos, MM, MHan menambahkan, ada sejumlah komoditas yang tersedia di pasar murah. Yakni beras, minyak goreng, gula pasir, tepung dan telor. Demikian juga dengan komoditas lainnya.

“Ada beras sebanyak 10 ton, minyak goreng 2 ton, gula pasir 1 ton, tepung 1 ton, telor dan kebutuhan lain,” kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya bersama Pemkab Cilacap menggandeng dunia usaha untuk mendukung kegiatan tersebut. Mulai dari BUMN, toko swalayan di Cilacap serta pihak lainnya.

“Sembako di sini kita jual murah,” tegasnya. (*)