News  

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ada Sunatan Massal

Warga Cilacap gelar donor darah di Pendopo Kecamatan Majenang, Cilacap, Kamis (28/2/2024). Panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap menggelar donor darah, sunatan massal dan santunan anak yatim. (doc)

CILACAP – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke 168, selalu ada kegiatan sosial yang membantu masyarakat kelas paling bawah. Salah satunya adalah sunatan massal. Tahun ini, sunatan massal terbagi di sejumlah lokasi.

Ketua panitia peringatan Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap, Ferry Adhi Dharma, menjelaskan, pihaknya berharap agar masyarakat ikut merasakan semarak perayaan Hari Jadi Kabupaten Cilacap.

“Tahun ini momennya berdekatan dengan bulan suci ramadan. Sehingga kegiatan yang sebelumnya mengedepankan hiburan, sekarang fokus pada kegiatan sosial,” kata Ferry, saat sunatan massal di Kecamatan Majenang, Cilacap, Rabu (28/2/2024).

Sunatan massal di Majenang, katanya menjadi yang pertama dalam rangkaian peringatan hari jadi. Total ada 56 anak dari 5 kecamatan yang ikut agenda ini. Berikutnya akan ada kegiatan serupa di lokasi lain. Total ada lima titik lainnya, yakni Kecamatan Sidareja, Bantarsari, Kesugihan, Kroya, dan Cilacap Tengah.

“Ada lima titik,” katanya.

Selain sunatan massal, kegiatan di Majenang juga ada aksi donor darah. Warga memanfaatkan kegiatan sosial ini dan secara bergantian “setor darah” ke petugas PMI Cilacap. Sebelumnya, panitia juga menyerahkan santunan bagi anak yatim dari 5 kecamatan.

Puncak kegiatan peringatan hari jadi adalah dengan ziarah ke taman makam pahlawan Surengrono, Jeruklegi, pada Senin 20 Maret 2024 mendatang. Lalu ada sema’an Al Quran di Masjid Agung Darussalam. Malam harinya digelar tasyakuran dan doa bersama.

Puncaknya pada Selasa, 21 Maret 2024 berupa upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Lalu ada rapat paripurna istimewa DPRD Cilacap. Ketua DPRD Cilacap akan menyerahkan pataka kepada Pj Bupati Cilacap saat rapat paripurna istimewa tersebut. (*)