Pertamina Sedot Sumur Warga Cilacap

  • Bagikan
Pertamina lakukan penyedotan sumur warga yang tercemar pasca kebakaran kilang pada Sabtu (13/11/2021). (doc)

CILACAP – Pertamina sedot sumur warga pasca kebakaran kilang 36T 102 pada Sabtu (13/11/2021). Langkah ini menjadi upaya Pertamina Cilacap guna memastikan ketersediaan air bersih warga di eks-Kotip cilacap.

Pertamina sudah sedot sumur warga di beberapa lokasi dan jumlahnya mencapai 350 sumur. Rinciannya adalah, 84 sumur di Kelurahan Sidanegara, 70 sumur di Kelurahan Donan, 110 sumur di Kelurahan Gunung Simping yang masuk Kecamatan Cilacap Tengah. Selain itu juga ada 87 sumur di Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara.

Pertamina juga membersihkan 31 kolam warga di Kelurahan Sidanegara, dan 2 kolam di Kelurahan Donan. Selain itu juga dilakukan penggantian tanaman di 7 kebun milik warga di Kelurahan Gunung Simping.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Cilacap, Cecep Supriyatna menjelaskan, Pertamina sudah mendata menyusul laporan warga pasca insiden.

“Kita bentuk tim dan menyebar ke beberapa kelurahan untuk validasi dan melihat langsung kondisi yang terjadi,” ujar Cecep, Rabu (17/11/2021).

Selain menyedot sumur warga Cilacap, Pertamina juga menyalurkan bantuan berupa air bersih. Pertamina menggandeng BPBD Kabupaten Cilacap untuk mendistribusikan 10 ribu liter untuk warga RT 04 RW 20 Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah. Bantuan serupa juga dikirim untuk warga RW 5 Kelurahan Karang Talun Kecamatan Cilacap Utara.

Sejumlah warga mengakui, air sumur mereka keruh dan sangat hitam hingga tidak layak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi air keruh ini mereka dapati usai kebakaran kilang Pertamina pada Sabtu (13/11/2021). (*)

  • Bagikan