Pertamina Tambah Unit Pemeriksaan

  • Bagikan
GM Pertamina RU IV Cilacapcap, Joko Pranoto meresmikan Dailly Check Up (DCU) di gate 3, Selasa (2/6/2021). (doc)

CILACAP – Kilang minyak Pertamina Cilacap, menambah fasilitas pemeriksaan kesehatan karyawan yang akan masuk ke lokasi kerja. Ini dengan diresmikannya fasilitas Daily Check Up (DCU) di Gate 3, oleh GM Pertamina RU IV Cilacap, Joko Pranoto pada Selasa (2/6/2021). DCU ini dilabeli ‘Fit Harmonis Center’ dan melengkapi sarana serupa di Gate 2 dengan nama ‘Fit Kompeten Center’. Sarana ini sudah beroperasi sejak Desember 2020 lalu.

Alur pemeriksaan di DCU Gate 3 diawali cuci tangan memakai sabun, pengecekan tensi darah, dan suhu tubuh. Sama seperti DCU ‘Fit Kompeten Center’, di DCU ini juga dilakukan pemeriksaan dengan prosedur tripple tapping, yaitu absensi, pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi dokter.

“Sehingga bisa diyakinkan tidak ada potensi orang unfit masuk kilang,” kata Joko.

Menurutnya, menjaga kesehatan seluruh karyawan mutlak dilakukan mengingat posisi penting Pertamina RU IV Cilacap yang memasok sepertiga kebutuhan BBM Nasional dan 60 % kebutuhan BBM di pulau Jawa. Hingga kesehatan karyawan akan mendukung produktifitas yang pada akhirnya memastikan seluruh unit produksi bisa berjalan lancar.

“Kesehatan para pekerja berbanding lurus dengan produktifitas mereka. Tanggung jawab kami sebagai perusaahaan penyedia BBM harus ditopang kesehatan prima seluruh pekerja,” tegasnya.

Dengan demikian, seluruh karyawan yang akan masuk kilang harus terlebih dahulu dipastikan sehat berdasarkan pemeriksaan terukur oleh tenaga medis. Demikian juga dengan penerapan protokol kesehatan yang diterapkan di semua lini secara ketat.

“DCU ini menjadi gerbang utama memastikan hanya pekerja yang fit yang bisa masuk,” tegas Joko Pranoto. (*)

  • Bagikan