Prokes Harus Tetap Dijalankan

  • Bagikan
Bupati Cilacap meminta agar prokes terus diterapkan guna menghindari paparan Covid19. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Protokol kesehatan (prokes) dengan penggunaan masker, jara jarak dan cuci tangan, harus tetap dijalankan. Kebiasaan ini mutlak diterapkan sebagai upaya pertama menghindarkan warga Kabupaten Cilacap dari wabah Covid19.

“Prokes dijaga laah,” pinta Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (11/6/2021).

Dia mencontohkan dirinya yang sudah berupaya menjaga diri dan keluarga agar tidak terpapar Covid19. Mulai dari berolah raga dengan jalan pagi secara rutin. Demikian juga dengan penerapan prokes secara ketat agar bisa menjauhkan diri dari penyakit tersebut.

Selain itu, ada upaya lain berupa memastikan orang yang akan bertemu dengan dirinya dipastikan dalam kondisi sehat. Termasuk memastikan mereka sudah di swab atau divaksin.

Namun demikian, dirinya tetap saja terpapar Covid19 pada Desember lalu.

“Saya tetap kena Covid19 Desember lalu,” ujarnya.

Seperti diketahui, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dinyatakan positif terpapar Covid19. Dia sempat menjalani isolasi mandiri dan tinggal di rumah dinas. Namun beberapa hari kemudian, Tatto dilarikan ke RSUD Cilacap guna mendapatkan perawatan lebih intensif lagi.

Pasca itu, kondisi Tatto kembali pulih setelah dinyatakan sehat dan terbebas dari virus yang ditemukan pada 2019 itu.

Baginya, pengalaman ini kembali mengajarkan agar semua orang bisa menjaga diri masing-masing. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan dalam tiap kesempatan.

Disamping itu dia juga meminta agar orang rajin berolahrga. Dengan cara ini diharapkan mampu menjaga kondisi tubuh tetap bagus hingga mampu mencegah dan melindungi diri saat ada virus yang masuk. (*)

  • Bagikan