Proses Pemadaman Kebakaran Pertamina Masih Berlangsung. Wabup Minta Warga Tenang

  • Bagikan
Kepulan asap masih terlihat dari komplek Pertamina Cilacap, Sabtu (12/6/2021). Asap ini masih terlihat warga sampai dengan pukul 08.00 (doc)

CILACAP – Pasca kejadian kebakaran di kilang penyimpanan benzene milik Pertamina Cilacap pada Jumat (11/6/2021) malam, petugas pemadam kebakaran masih terus bekerja. Sampai Sabtu (12/6/2021) pukul 08.00, kepulan asap masih terlihat dari luar komplek Pertamina.

Kepulan asap ini sempat diabadikan oleh sejumlah warga Cilacap. Terutama bagi mereka yang tengah melintas di jalan atau melihat dari rumah masing-masing. Foto kejadian ini bisa dengan mudah dilakukan karena cuaca cerah. Selain itu, kepulan asap juga terlihat membumbung tinggi dan mudah sekali dilihat dari jarak jauh.

“Sampai (Sabtu, 12/6/2021) tadi pagi jam 08.00,” ujar Dwi Laksana, salah satu warga Cilacap, Sabtu (12/6/2021).

Perlu diketahui, proses pemadaman api di lokasi kebakaran membutuhkan waktu. Petugas akan memastikan terlebih dahulu kalau sudah tidak ada sumber api sekecil apapun. Proses ini dinamakan pendinginan.

Proses pendinginan ini kerap kali membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan tahap mematikan atau menguasai kobaran api. Apalagi jika petugas pemadam berhadapan dengan bahan mudah terbakar.

Terkait kejadian ini, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rahman meminta warga tetap tenang dan tidak perlu panik. Dia menilai tim pemadam kebakaran Pertamina Cilacap bekerja secara profesional melakukan tugasnya.

Secara tegas Pemerintah Kabupaten Cilacap siap untuk memberikan dukungan. Termasuk menerjunkan Pemadam Kebakaran (damkar) yang ada di bawah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Warga tidak perlu panik. Kami bersama TNI dan Polri siap membantu Pertamina,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran sempat terjadi di kilang Pertamina Cilacap pada Jumat (11/6/2021) malam sekitar pukul 19.45. Api membakar salah satu tanki penyimpanan berisi benzene. Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran. (*)

  • Bagikan