News  

Santri TPQ Madin Gelar Sholawatan. Ada Habib Lutfi

Santri TPQ Madin Al Iman Desa Cimanggu, Cilacap gelar sholawatan, Sabtu (2/3/2024). Kegiatan ini menjadi penanda haflah akhirussanah TPQ tersebut. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Santri TPQ Madin atau Madrasah Diniyah Al Iman Desa Cimanggu Kecamatan Cimanggu, Cilacap gelar sholawatan bersama warga setempat, Sabtu (2/3/2024). Kegiatan ini menjadi salah satu mata acara dalam rangkaian Haflah Akhirussanah ke 15 TPQ tersebut.

Panitia sejak Jumat (1/3/2024) sudah menggelar serangkaian acara untuk mendukung haflah akhirussanah. Seperti semaan al quran yang melibatkan warga dan wali murid. Sementara pada Sabtu siang, ada pawai ta’aruf yang melibatkan seluruh santri. Dan pada malam hari bertepatan akhir pekan, para santri TPQ Madin Al Iman gelar sholawatan.

Kegiatan khas para santri ini, melibatkan ulama dari Kabupaten Banyumas. Yakni Habib Lutfi bin Yahya bin Al-Athos. Beliau memimpin sholawatan yang dibarengi dengan iringan rebana.

Ketua panitia, Ahmad Muhtar Zein mengatakan, tiap tahun pihaknya mengajak santri TPQ Madin Al Iman untuk bersama-sama gelar sholawatan.

“Tiap tahun seperti ini,” kata dia.

Menurutnya, kegiatan tahun ini terasa berbeda dan lebih spesial. Karena penyelenggaraan akhirussanah hampir bersamaan dengan bulan suci ramadan. Hingga pawai ta’aruf pada Sabtu siang sekaligus untuk menyambut bulan suci umat islam tersebut.

“Karena memang berdekatan dengan bulan puasa, pawai ta’aruf akhirussanah sekaligus pawai menyambut bulan puasa,” katanya.

Dan puncak dari kegiatan tersebut yakni khataman bagi para seluruh santri. Ini sekaligus menjadi bentuk wisuda santri TPQ yang sudah menamatkan pembelajaran di tingkatan tertentu.

“Minggu (3/3/2024) kita gelar khataman,” tegasnya. (*)