Sejumlah Masjid Terancam Tidak Bisa Gelar Sholat Ied

  • Bagikan
Masjid Baitussalam Purwokerto saat sore hari. Masjid dan lapangan di dekat jalan besar belum tentu diijinkan untuk lokasi sholat ied. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

BANYUMAS – Sejumlah masjid, mushola dan tempat terbuka di Kabupaten Banyumas, terancam tidak diijinkan untuk dijadikan tempat sholat ied pada Kamis (13/5/2021). Tempat untuk sholat pada Idul Fitri ini masih harus diverifikasi oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas agar memenuhi persyaratan terkait sholat ied saat pandemi Covid19.

“Masih ada yang harus diverifikasi,” ujar Kabag Kesra Setda Banyumas, Suwondo.

Dia merinci, ada 423 masjid, mushola, lapangan dan halaman yang masih dalam proses verifikasi. Petugas dari Satgas Covid19 bersama instansi terkait akan terus mengecek kesiapan tempat dan panitia penyalsana sholat ied.

Seluruh tempat ini harus bisa memenuhi persyaratan sebelum diijinkan oleh Pemkab dan Satgas Covid19 untuk menggelar sholat ied. Seperti ketersediaan alat pengukur suhu dan petugas pemantau jamaah. Petugas ini diharapkan bisa memilah jika ada pemudik yang ikut sholat.

“Petugas ini kan tahu jika ada pemudik atau warga luar lingkungan,” katanya.

Selain itu, Satgas juga memberikan persyaratan lain. Seperti masjid atau lapangan tidak berada di jalan besar yang kerap dilintasi kendaraan pemudik. Hal ini untuk menghindari adanya pemudik yang ikut sholat di sana.

Panitia juga harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Seperti tidak bersalaman usai sholat, jaga jarak, jamaah wajib pakai masker dan membawa alat sholat dari rumah. Sementara jumlah jamaah hanya 50 persen dari kapasitas tempat ibadah baik masjid, mushola ataupun lapangan terbuka.

“Sandal juga dimasukin kresek di taruh dekat jamaah. Jadi begitu selesai sholat tidak ribut nyari sandal agar menghindari kerumunan terlalu lama,” katanya.

Dia menambahkan, ada 1936 masjid, mushola, lapangan dan halaman yang diajukan warga melalui pemerintah desa masing-masing. Seluruh tempat ini tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas. Dari seluruh data ini, masih tersisa 423 lokasi yang harus diverifikasi Satgas.

“Tapi data ini masih bisa berkembang. Kalau jumlah fix-nya ya pas sholat ied besok,” tegasnya. (*)

  • Bagikan