News  

Stok Pangan Aman Sampai Lebaran

Pemkab Cilacap jamin stok pangan untuk puasa sampai lebaran tetap aman. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menjamin stok pangan aman selama puasa sampai dengan lebaran 2022. Hal ini berdasarkan stok yang ada dan perkiraan keniakan kebutuhan menjelang lebaran.

Permintaan akan bahan pangan sering mengalami lonjakan menjelang awal ramadan dan sebelum lebaran. Ini karena konsumsi masyarakat akan bahan pokok mengalami peningkatan.

Bahan kebutuhan pokok meliputi beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur dan terigu. Sampai dengan awal April 2022, stok pangan yang ada masih aman dan mampu memenuhi permintaan masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Cilacap, Umar Said dalam siaran pers mengatakan, permintaan bulanan maupun prediksi permintaan saat lebaran, masih di bawah stok yang ada.

Misalnya stok beras yang pada akhir Maret 2022 mencapai 16.146.414.ton Untuk permintaan bulanan di angka 15.451.114 ton.

Contoh lain adalah stok minyak goreng yang mencapai 2.484.064 liter. Sementara permintaan saat lebaran nanti diperkirakan mencapai 2.472.178 liter.

“Stok aman karena permintaan bulanan maupun saat lebaran ada di bawah stok pangan kita,” kata Umar Said.

Sementara masalah harga, Umar Said mengaku sempat ada kenaikan menjelang ramadan. Komoditas tersebut adalah daging ayam, telor dan gula pasir. Khusus untuk kenaikan harga gula pasir terdorong naik karena minimnya stok di gudang produsen. Ini terpengaruh belum masuknya masa panen dan masa giling tebu.

“Kalau harga daging ayam dan telor naik karena memang permintaan yang meningkat,” kata dia.

Dia menambahkan, ada regulasi yang mengatur harga cakupan komoditas yakni Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 07 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian Ditingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan ditingkat Konsumen. Dalam aturan ini menyebutkan, harga daging ayam sebesar Rp 35.000 per kg dan harga cakupan telor ayam Rp 24.000 per kg serta harga cakupan gula pasir sebesar Rp 12.500 per kg kualitas medium.

“Ini ada regulasi dari Menteri Perdangan,” tegasnya. (*)