News  

Vaksinasi Anak SD Mulai Dilakukan

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap mulai melakukan vaksinasi anak SD. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Vaksinasi bagi anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar atau SD di Kabupaten Cilacap, mulai dilakukan. Langkah ini menyusul ada saran dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Vaksinasi tersebut untuk anak usia 6 hingga 11 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Farid Rijanto mengatakan, vaksinasi tersebut masih dalam tahap persiapan.

“Ini masih persiapan. Masih dalam proses,” ujarnya.

Hanya dia mengaku, sudah ada beberapa kecamatan yang mulai memberikan vaksin untuk anak SD. Misalnya wilayah Kecamatan Cilacap Tengah yang sudah melakukan vaksinasi untuk anak SD pada Selasa (13/12/2021). Demikian juga dengan beberapa kecamatan lainnya.

Dia mengakui, beberapa wilayah yang sudah mulai memvaksin anak SD karena telah melampaui target vaksinasi. Seperti wilayah Cilacap kota yang rata-rata sudah 100 persen dari jumlah sasaran.

“Sudah ada yang bergerak. Kebijakan di wilayah tertentu karena sudah lampaui target,” kata dia.

Dinas, lanjutnya masih terus mengenjot percepatan capaian vaksinasi agar bisa tembus 70 persen di akhir tahun 2021. Dan vaksinasi bagi anak usai 6 hingga 11 tahun tersebut bisa menjadi salah satu percepatan untuk bisa 70 persen. Termasuk bagi wilayah yang masih jauh dari target.

“Strategi kita tetap untuk menuju 70 persen,” kata dia.

Sampai dengan 13 Desember 2021, prosentase warga tervaksin di Kabupaten Cilacap sudah mencapai 68,74 persen untuk dosis 1. Sementara target akhir tahun harus mencapai 70 persen. (*)